BolaSkor.com - Musim 2022-2023 baru dimulai dan Atalanta, seperti musim-musim sebelumnya, kembali meramaikan persaingan di empat besar Serie A. Kendati pemain-pemain pergi dan datang sejumlah rekrutan anyar, Atalanta tetap kompetitif karena satu sosok.

Ya, sosok itu adalah sang pelatih Gian Piero Gasperini. Pelatih berusia 64 tahun sudah melatih Atalanta selama enam tahun dan La Dea - julukan Atalanta - bermain dengan sistem bermainnya, dengan taktik tiga bek dan tim yang ofensif.

Satu yang menarik dari perubahan Atalanta di musim ini adalah pertahanan yang kuat. Atalanta punya poin sama dengan pemuncak klasemen Serie A, Napoli, dengan 17 poin dan juga punya pertahanan terkuat karena baru kebobolan tiga gol.

Baca Juga:

Inter dalam Periode Negatif, Petinggi Klub Adakan Pertemuan dengan Inzaghi

Juventus dan Inter Angin-anginan, Begini Nasib Allegri dan Inzaghi

Legenda Inter Milan Desak Pemecatan Simone Inzaghi

Gian Piero Gasperini

Kebobolan tiga gol dan mencatatkan empat clean sheets dari empat laga, perubahan yang besar dibanding musim lalu dengan catatan 10 clean sheets, lalu 11 pada musim 2020-2021, dan 10 pada musim 2019-2020.

Musim lalu juga Atalanta kebobolan 48 gol dari 38 laga Serie A, 47 gol (2020-2021), dan 48 gol (2019-2020). Namun uniknya di musim ini Atalanta baru mencetak 11 gol.

Dari situ terlihat perbedaan yang coba diterapkan Gasperini di Atalanta, dari tim yang ofensif di beberapa musim terakhir jadi tim yang lebih seimbang, khususnya kuat dalam bertahan. Pencapaian gol terbanyak mereka terjadi pada musim 2019-2020 dengan 98 gol dari 38 laga Serie A.

Catatan Laga Tandang

Akan tapi musim masih panjang dan banyak hal yang masih dapat terjadi. Tidak hanya punya pertahanan kuat, Atalanta juga memiliki catatan tandang setelah pada pekan tujuh kemarin menang 1-0 atas Roma di Stadio Olimpico.

Itu artinya sudah empat kemenangan tandang diraih Atalanta pada empat laga. Pada dasarnya itu sama dengan catatan Real Madrid (LaLiga) dan PSG (Ligue 1), bahkan PSG mencatatkan lima kemenangan tandang di lima laga.

Meski begitu catatan Atalanta lebih impresif dari kedua tim tersebut, sebab menurut Tuttosport Atalanta satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang tak kebobolan gol di laga tandang sejauh ini. Dengan catatan itu juga, Gasperini yang kini berusia 64 tahun sudah memenangi 64 laga tandang di Serie A dari 118 laga.