BolaSkor.com - Musim 2017/18 telah berakhir bagi beberapa liga top Eropa seperti Bundesliga (Jerman), Premier League (Inggris), dan Eredivisie (Belanda). Tiga liga lainnya, yaitu Serie (Italia), La Liga (Spanyol), dan Ligue 1 (Prancis), masih akan memainkan pekan terakhir di akhir pekan depan.

Kendati demikian, sudah ada kepastian menyoal siapa saja klub yang terdegradasi dari divisi teratas, serta tim-tim yang promosi untuk musim mendatang. Kami akan membahasnya melalui penjabaran sebagai berikut ini.

1. Premier League

Semua tim promosi Premier League musim ini, yakni Huddersfield Town, Brighton & Hove Albion, dan Newcastle United, aman dari degradasi. Sebaliknya, tiga tim yang sudah cukup lama bertahan di Premier League, malah terdegradasi. Ketiga klub itu adalah Swansea City, Stoke City, dan West Bromwich Albion.

Dari ketiga klub tersebut, performa dari Stoke dan West Brom paling mengejutkan, karena sedianya, tidak banyak yang memprediksi mereka turun kasta dengan banyaknya pemain berkualitas dan berpengalaman di dalam skuat. Seperti Xherdan Shaqiri, Joe Allen, dan Jack Butland di Stoke, atau Johnny Evans, Jake Livermore, Gareth Barry, dan Salomon Rondon di kubu West Brom.

West Brom ada di dasar klasemen dengan perolehan 31 poin, berdiri di atasnya Swansea dan Stoke yang sama-sama mengumpulkan 33 poin. Sementara itu dari tim promosi untuk Premier League 2018/19. Dua tempat telah dipastikan Wolverhampton Wanderers yang menjuarai Championship, serta Cardiff City yang diperkuat kiper asal Filipina, Neil Etheridge.

Satu tempat lainnya masih akan ditentukan melalui play-off antara Derby County, Fulham, Middlesbrough, dan Aston Villa. Ada cukup banyak pemain berpengalaman di dalam skuat mereka, khususnya Villa, yang memiliki legenda Chelsea, John Terry.

2. Bundesliga

Bayern Munchen masih memperlihatkan dominasi mereka melalui raihan enam titel Bundesliga beruntun. Nasib berbeda justru dialami FC Koln dan Hamburger SV yang degradasi. Khusus untuk Hamburg, ini kali pertama mereka degradasi sejak Bundesliga dibentuk pada tahun 1962. Rekor pun berakhir dan julukan Der Dino (Dinosaurus) Hamburg kini tak lagi berarti.

Hamburg menempati peringkat 17 dengan perolehan 31 poin, diikuti Koln dengan raihan 22 poin. Sementara itu, Wolfsburg akan bertarung melawan tim Bundesliga II, Holstein Kiel, dengan pertaruhan masa depan mereka. Tetap bermain di Bundesliga, atau turun kasta ke Bundesliga II.

Sementara dua tim Bundesliga II yang naik ke Bundesliga untuk musim 2018/19 adalah FC Nurnberg dan jawara baru, Fortuna Dusseldorf.

3. Eredivisie

Juara Eredivisie 2009/10, FC Twente, secara mengejutkan degradasi dengan hanya menempati posisi buncit klasemen dan meraih 24 poin. Menyusul Twente adalah Roda JC yang kalah agregat gol 1-2 dari Almere City. Sedangkan Sparta Rotterdam, masih akan memainkan putaran tiga play-off melawan FC Emmen, usai unggul agregat gol 4-3 atas Dordrecht.

Jong Ajax sedianya menjuarai klasemen Eerste Divisie - divisi dua sepak bola Belanda. Tapi, karena status Jong Ajax sebagai tim muda atau cadangan Ajax Amsterdam, mereka tidak bisa promosi. Gantinya, Fortuna Sittard atau NEC Breda yang nantinya promosi ke Eredivisie 2018/19. PSV Eindhoven sendiri menjadi jawara baru Eredivisie 2017/18.

4. La Liga

La Liga 2017/18 masih menyisakan satu laga terakhir yang akan dimainkan pekan depan. Tetapi, tidak ada lagi target yang harus dikejar 20 tim partisipan, karena semua sudah ditentukan, dari juara baru (Barcelona), tim-tim yang bermain di Liga Champions (Barcelona, Atletico Madrid, Real Madrid, dan Valencia), hingga tim yang degradasi, yaitu: Deportivo La Coruna, Las Palmas, dan Malaga.

Sedangkan dari tim-tim promosi dari Divisi Segunda, adalah Rayo Vallecano (juara) dan SD Huesca. Satu tempat lainnya masih akan direbutkan empat tim dari fase play-off. Keempat itu adalah Sporting Gijon, Real Zaragoza, SD Numancia, dan Real Valladolid.

5. Serie A

Perebutan Scudetto di Serie A 2017/18 merupakan pertarungan merebutkan titel tersengit di antara liga top Eropa lainnya. Pemenangnya ditentukan hingga giornata ke-37 dan Juventus, memenangi Scudetto ketujuh beruntun mereka, atas Napoli dengan jarak empat poin.

Tersisa satu laga lagi, Crotone juga masih bertarung dengan SPAL, Cagliari, Udinese, dan Chievo Verona untuk menjauh dari satu tempat yang bisa membawa salah satu mereka ke Serie B. Pasalnya, dua tempat lainnya sudah dipastikan milik Hellas Verona dan Benevento.

Lalu dari Serie B, Empoli dan Frosinone sudah mendapatkan tiket promosi ke Serie A musim depan. Satu tempat lainnya akan dipertarungkan melalui play-off antara FC Parma, Palermo, Venezia, Bari 1908, Cittadella, dan Perugia.

6. Ligue 1

Paris Saint-Germain (PSG) merebut kembali titel Ligue 1 yang musim lalu dimiliki AS Monaco. Ketika persaingan di papan atas Ligue 1 cenderung membosankan, tapi pertandingan di zona degradasi tidak demikian. ES Troyes AC dan FC Metz sudah dipastikan degradasi. Sementara Toulouse FC masih berjuang untuk selamat dengan menanti pemenang di antara AC Ajaccio, Le Havre, dan Stade Brestois untuk dilawan.

Ketiga tim itu adalah peringkat tiga-lima Ligue 2. Lalu, Stade de Reims dan Nimes Olympique, merupakan dua tim yang mendapatkan tiket otomatis promosi ke Ligue 1 2018/19.