BolaSkor.com- Tim nasional (timnas) 3x3 Indonesia mendapat beban berat pada Asian Games 2018. Baik tim putra dan putri diberi target satu medali emas, perak, atau perunggu.

Ketua Sub Bidang 3x3 PP Perbasi, Anthony Gunawan, menyebut target tersebut sebetulnya cukup realistis. Apalagi Indonesia memiliki banyak prestasi di kejuaraan 3x3 internasional.

Menurut Anthony, peluang terbesar ada pada tim putri. Adapun tim putra, masih perlu beberapa persiapan dan pengembangan kemampuan jika ingin bersaing dengan negara top seperti Qatar.

"Perjalanan tim putra meraih medali pada Asian Games 2018 bakal lebih berat. Negara seperti Qatar seluruh pemainnya berstatus naturalisasi dari Amerika Serikat," ujar Anthony kepada BolaSkor.com.

"Sementara di putri bisa lebih mudah. Kebanyakan negara di Asia tidak memiliki tim putri yang pemainnya tetap. Apalagi tim putri Indonesia bisa meraih peringkat tujuh pad kejuaraan Asia kemarin," sambungnya.

Saat ini pemain timnas 3x3 yang dipanggil untuk seleksi antara lain Jovita Simon, Lea Kahol, Ranie Palma, Christie Rumambi, Regita Pramesti, dan Michelle Kurniawan. Di tim putra Perbasi memanggil Rivaldo Tandra, Nuka Saputra, Hengky Lakay, Reza Guntara, Vincent Rivaldi Kosasih, Erick Gosal, dan Kevin Moses.

Pada test event Asian Games 2018, timnas 3x3 Indonesia berhasil tampil meyakinkan dan meraih prestasi. Tim putri keluar sebagai juara, sementara tim putra menempati peringkat kedua.