BolaSkor.com - Indonesia kembali menerima kekalahan usai menjalani kualifikasi FIBA World Cup 2023 window pertama Grup C. Pada pertandingan yang digelar di Zouk Mikael Arena, Lebanon, Senin malam (29/11), tim merah putih kembali takluk di tangan Lebanon.

Hal ini membuat pelatih Timnas Indonesia, Rajko Toroman, mengakui keunggulan lawan. Dengan jantan, pria asal Serbia itu memberikan selamat kepada Lebanon yang tampil lebih baik dari Indonesia.

"Selamat untuk Lebanon. Mereka lebih baik dari kami. Kami melakukan penyesuaian diri di lapangan tapi mereka memang lebih kuat dan berpengalaman," terang Rajko melalui keterangan resmi PP PERBASI.

Namun, bukan berarti Indonesia kalah tanpa melakukan perlawanan sama sekali. Menurut center Vincent Kosasih, perjuangan sudah dilakukan maksimal. Indonesia dapat bermain bagus di babak pertama.

Baca Juga:

Dewa United Surabaya Gaet Manajer Baru Sarat Pengalaman

Khawatir dengan Penundaan, Sandy Tak Mau Lagi Gagal Pakai Jersey Timnas

Namun, semua menjadi berubah karena kehilangan kesempatan dan momentum di babak berikutnya. Dia juga mengakui bahwa tidak bisa dimainkannya Arki Dikania Wisnu dan Lester Prosper sangat berpengaruh pada penampilan tim.

Dalam pertandingan senin malam, Timnas Elite Indonesia memang langsung menggebrak di kuarter pertama. Jawatomembuka poin Indonesia dengan tembakan three point. Ditambah dengan dua angka dari Vincent membuat Indonesia unggul 5-4 di menit awal kuarter pertama.

Setelah itu Indonesia terus berusaha produksi poin sehingga kuarter awal ini ditutup dengan kedudukan 21-29 untuk Lebanon.

Memasuki kuarter kedua, perlawanan Indonesia semakin sengit. Andhakara Prastawa dkk mampu menabung 26 poin sementara Lebanon 25 angka. Namun ketika memasuki kuarter ketiga, Lebanon ngegas terus sehingga mereka menambah 32 angka sedangkan produksi poin Indonesia delapan.

Di kuarter akhir, Lebanon semakin mendominasi dengan menambah 24 poin dan Indonesia hanya berhasil produksi sembilan angka. Sehingga pertandingan ini harus disudahi untuk kemenangan Lebanon dengan skor 110-64.

Brandon Jawato menjadi pendulang poin terbanyak Indonesia dengan sumbangan 20 angka dan 6 rebounds juga dua assist. Kemudian dari kubu Lebanon, Ater Majok keluar sebagai pemain dengan penampilan terbaik usai menyumbang poin terbanyak dengan 18 poin dan 11 rebounds.

Penulis: Bintang Rahmat