BolaSkor.com- Pelatih Tim Nasional (Timnas) basket Indonesia, Fictor Roring, masih memiliki pekerjaan rumah besar jelang Asian Games 2018. Pemain naturalisasi yang seharusnya ada di tim, belum muncul hingga saat ini.

Timnas Indonesia sebelumnya sempat menjajal satu pemain asal Amerika Serikat, Jaleel Roberts, pada SEABA Championship 2018 di Thailand. Namun, pelatih yang akrab disapa Ito tersebut merasa tidak cocok dengan gaya permainan Jaleel.

Ito menyebut penampilan Jaleel terbilang biasa saja. Timnas Indonesia saat ini butuh pemain yang memiliki tinggi di atas rata-rata dan tentunya kemampuan mencetak poin tinggi.

"Kami masih mencari. Perbasi dan Badan Tim Nasional hingga saat ini belum memberikan nama lagi, tetapi kami akan tunggu," ujar Ito kepada BolaSkor.com saat dijumpai di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa (15/5).

Waktu kurang dari 100 hari sebelum Asian Games 2018 bergulir juga tidak menjadi masalah bagi Ito. Mantan pemain Satria Muda itu menilai pemain naturalisasi biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

"Tidak ada masalah soal mepetnya waktu persiapan. Jika dia sudah ada di sini, latihan satu atau dua minggu saya rasa sudah bisa nyetel dengan tim," tutur Ito.

Soal pemain naturalisasi, Ito juga tidak sepenuhnya menyerahkan kepada Perbasi. Dia bersama tim pelatih juga memberikan sejumlah nama kepada Badan Tim Nasional.

"Saya juga turut membantu memberikan nama. Namun, sekali lagi harus diperhatikan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti harga," kata Ito.

Indonesia sebetulnya sudah memiliki empat pemain naturalisasi yakni Jamarr Johnson, Ebrahim Enguio Lopez, Anthony Hargroove Jr, dan Anthony Wayne Cates Jr. Namun, performa keempat pemain tersebut dirasa kurang bisa mendongkrak performa timnas Indonesia sehingga Perbasi mencari opsi lain.