BolaSkor.com- Tim nasional Indonesia tak mampu tampil maksimal pada gelaran Kejuaraan Dunia 3x3 di Manila, Filipina, 8-12 Juni. Tim asuhan Fandi Andhika Ramadhani itu menelan empat kekalahan yang menjadi penurunan prestasi tim Garuda.

Indonesia takluk dari Polandia dan Estonia pada hari pertama dengan skor 6-22 dan 10-22. Penderitaan tim Garuda semakin bertambah setelah pada hari kedua juga dipaksa menyerah dari Slovenia dan Jepang dengan skor telak 7-21 serta 11-18.

Hasil ini jauh lebih buruk ketimbang dua Kejuaraan Dunia yang juga diikuti Indonesia. Pada Kejuaraan Dunia 2016, Indonesia berhasil menang atas Andorra dan Mesir.

"Lawan kami memang sangat berat, tetapi bertanding di ajang sebesar ini merupakan sebuah penghargaan bagi kami," ujar kapten sekaligus pelatih tim nasional basket 3x3 Indonesia, Fandi Andhika Ramadhani, dalam rilis yang diterima BolaSkor.com.

Persiapan tim nasional basket 3x3 Indonesia untuk Kejuaraan Dunia memang tidak ada. Tim Garuda hadir menggantikan Ekuador yang mengundurkan diri beberapa hari sebelum kompetisi dimulai.

Tim nasional basket 3x3 Indonesia sebetulnya tengah fokus menjalani pemusatan latihan (pelatnas) jelang Asian Games 2018. Adapun keempat pemain yang dikirim adalah Fandi Andhika Ramadhani, Rivaldo Tandra, Ebrahim Enguio Lopez, dan Erick Gosal. Dari keempat nama tersebut, hanya Rivaldo dan Erick Gosal yang merupakan pemain pelatnas untuk Asian Games 2018.