Timnas Basket Indonesia Tunggu Aksi Lester Prosper

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 29 November 2021
Timnas Basket Indonesia Tunggu Aksi Lester Prosper
Lester Prosper (kiri/fiba)

BolaSkor.com – Akan ada perubahan pada pertandingan kedua Timnas Basket Indonesia melawan Labanon pada window pertama kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C. Pasalnya Timnas Indonesia akan melakukan perubahan komposisi pemain.

Hal ini dilakukan setelah salah satu pemainnya, Lester Prosper dinyatakan negatif pada tes usap PCR pada 28 November. Sebelumnya pada pertandingan pertama, Prosper tidak dapat turun lantaran dinyatakan positif saat melakukan tes usap jelang pertandingan.

Terkait hal ini, Ketum PP PERBASI Danny Kosasih menjelaskan, kasus tes usap Prosper ini agak membingungkan. Sebab, menatap pertemuan pertama melawan Lebanon tiga kali dilakukan tes usap saat penerbangan dari Amerika ke Lebanon hingga sesampainya di Lebanon dinyatakan negatif.

Baca Juga:

Dewa United Surabaya Gaet Manajer Baru Sarat Pengalaman

Khawatir dengan Penundaan, Sandy Tak Mau Lagi Gagal Pakai Jersey Timnas

Totalnya tiga kali. Namun setelah panitia Lebanon melakukan tes usap jelang pertandingan, Prosper dinyatakan positif dan dilarang main.

“Prosper seharusnya sudah bisa dimainkan pada pertandingan kedua saat kita menjadi tuan rumah melawan Lebanon nanti. Ini setelah hasil tes PCR-nya yang dilakukan 28 November pukul 12.05 waktu Lebanon dinyatakan negatif Covid 19," terang Danny melalui keterangan resmi PP PERBASI.

Pada pertemuan pertama lalu, Timnas Elite Indonesia pun hanya bisa memaksimalkan potensi Vincent Kosasih di bawah ring. Situasi ini membuat Indonesia kewalahan karena Arki Dikania Wisnu juga harus diparkir dengan alasan yang sama. Arki dinyatakan positif Covid 19 semenjak tes ketika jalani training camp di Amerika Serikat.

Situasi sulit ini membuat para arjuna bola basket Indonesia hanya bisa memaksimalkan potensi Brandon Jawato dalam urusan mencetak poin. Jawato sukses menjalankan tugasnya namun peran Jawato beserta pemain lainnya tidak mampu hindarkan Indonesia dari kekalahan 96-38 atas Lebanon.

Asisten Pelatih Timnas Elite Indonesia Wahyu Widayat Jati menjelaskan bahwa para pemain sudah kembali siap tempur. Mereka juga telah mengambil pelajaran dari pertemuan pertama melawan Lebanon. Perbaikan dilakukan di dalam latihan. Selain itu juga pihaknya terus memotivasi para pemain agar semangatnya tetap membara dalam perjuangan mewujudkan target tampil di FIBA World Cup 2023.

"Perbaikan field goal, bagaimana meminimalisasi turn over, juga transisi dari offense ke defense. Team rebound hingga plan baru kita siapkan menghadapi partai kedua melawan Lebanon. Kemudian juga encouragement ke pemain lewat kata-kata dan drills di latihan. Semua kita siapkan dan lakukan agar mendapatkan hasil terbaik," tukasnya.

Ditegaskan Wahyu, Timnas Elite Indonesia sangat ingin mempersembahkan kemenangan di Lebanon. Upaya itu telah dilakukan sejak game pertama kemarin. Namun situasi yang tidak menguntungkan bagi Indonesia karena tidak bisa main full team tidak bisa dielakkan menjadi kendala.

"Kita sudah berusaha untuk main dan menang dari game pertama, tetapi memang kita bermasalah di pemain posisi bigman karena gak menjadi threat untuk lawan, baik di saat offense atau defense. Untuk kepastian pemain, semua tergantung hasil PCR. Kalau negatif bisa main," tegas Cacing, sapaan karib Wahyu Widayat Jati.

Penulis: Bintang Rahmat.

Piala Dunia FIBA 2023 Timnas Basket Indonesia Perbasi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.068

Bagikan