BolaSkor.com - Sepak bola Rusia akhirnya terkena dampak langsung dari invasi pemerintah negaranya ke Ukraina. Timnas dan klub-klub asal Negeri Beruang Merah kini resmi dikucilkan dari ajang internasional.

Aksi militer Rusia ke sejumlah wilayah Ukraina menuai kecaman dari berbagai penjuru dunia. Sepak bola juga termasuk di dalamnya.

Sejumlah pemain dan klub memberikan pesan dalam pertandingan yang isinya menolak adanya perang. Beberapa timnas Eropa juga menunjukkan sikap tegas dengan menolak bertanding kontra Rusia.

Baca Juga:

Resmi, UEFA Pindahkan Final Liga Champions dari Rusia

Pernyataan Kontroversial FIFA Terkait Boikot Negara-negara kepada Rusia

Rusia Invasi Ukraina, FIFA dan UEFA Tak Tinggal Diam

Puncaknya adalah keputusan yang baru saja dikeluarkan FIFA dan UEFA. Dua badan sepak bola dunia itu membekukan status timnas dan klub Rusia dalam partisipasi di event-event mereka.

"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim nasional atau klub, partisipasinya akan ditangguhkan di kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan resmi FIFA dan UEFA.

Keputusan ini secara otomatis membuat mimpi Timnas Rusia untuk berlaga di Piala Dunia 2022 sirna. Mereka tidak bisa turun berlaga menghadapi Polandia pada babak play-off, Maret mendatang.

Sementara nasib serupa juga dialami Spartak Moscow. Salah satu klub raksasa Rusia itu tak bisa melanjutkan perjalanannya di Liga Europa 2021-2022.

Padahal Spartak Moscow sukses melenggang ke babak 16 besar. Hal ini membuat RB Leipzig selaku calon lawan langsung melaju ke perempat final.