Timnas Gelar TC di Luar Indonesia Jelang Piala Asia 2023, PSSI Berharap Komitmen Klub

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 04 Juni 2023
Timnas Gelar TC di Luar Indonesia Jelang Piala Asia 2023, PSSI Berharap Komitmen Klub
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI berharap komitmen klub melepas pemain saat Timnas Indonesia menjalani agenda. Termasuk pemusatan latihan jelang Piala Asia 2023 yang akan berlangsung selama tiga pekan di luar Indonesia.

Training camp (TC) akan digelar sejak 20 Desember 2023. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Adapun Piala Asia 2023 akan digelar 12 Januari-10 Februari 2024 di Qatar. Indonesia masuk Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

"Saya rasa tidak ada liga yang berdiri sendiri tanpa kesuksesan tim nasional. Kita itu dipandang dunia karena tim nasional, baru liga. Ini pertama kali PSSI bersama liga dan Badan Tim Nasional bersepakat, bahwa seluruh klub mandatory mendukung tim nasional, apalagi jadwal sudah disepakati jauh-jauh hari bukan mendadak."

Baca Juga:

Jelang Timnas Indonesia Vs Argentina, Jordi Amat Kenang Bikin 'Mati Kutu' Messi

Tak Terpusat di Jakarta, FIFA Matchday Timnas Indonesia Bakal 'Dibagi' dengan Daerah

"Sebelum liga mulai, jadwal timnas sudah diberikan. Tidak ada klub tidak melepas pemain. Tidak lepas saya turun tangan, karena jadwal sudah ada," kata Erick Thohir.

Selain Piala Asia 2023, Timnas Indonesia punya agenda lain yakni Kualifikasi Piala Asia 2027 dan Piala Dunia 2026 putaran pertama pada Oktober dan November 2023. Itu selain pertandingan persahabatan dalam FIFA Matchday.

"Di situ jelas, agenda (FIFA Matchday) bulan Juni tidak mengganggu liga, tetapi September, Oktober, November, bahkan juga Desember, Januari liga harus punya komitmen dan sudah disepakati. Rencana untuk kejuaraan Asia bulan Januari ada training camp kurang lebih tiga minggu, dimulai 20 Desember di sebuah negara tetapi belum bisa diumumkan. Baru ke Qatar."

Adapun terkait agenda pertandingan persahabatan, PSSI telah meminta klub melepas pemain setidaknya H-2. "Kita minta 1-2 hari timnas latihan untuk main."

Timnas Indonesia Liga 1 Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan