BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja menggelar drawing babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasilnya Timnas Indonesia akan menghadapi Taiwan dari hasil drawing yang dihelat pada Kamis (24/6).

Timnas Indonesia memang harus berjuang melalui babak play-off setelah hasil buruk pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang baru saja selesai digelar di Uni Emirat Arab (UEA).

Skuat asuhan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berada sebagai juru kunci Grup G. Dari delapan peratndingan, Timnas Indonesia mendapat tujuh kekalahan dan satu hasil imbang. Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu juga dipakai oleh AFC untuk menentukan langkah ke Piala Asia 2023.

Baca Juga:

Pratama Arhan Enggan Tanggapi Kabar Ketertarikan Seongnam FC

Sudah Bisa Bela Timnas, Ezra Walian Jadi Solusi bagi Shin Tae-yong?

Dari seluruh laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia hanya mampu sekali bermain imbang 2-2 melawan Thailand. Selain itu, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan menjadi bulan-bulanan tim yang berada di Grup G.

Kalah dari Vietnam (1-4 dan 0-4), Malaysia (2-3 dan 0-2), dan Uni Emirat Arab (UEA) (0-5 dan 0-5). Lalu sekali kalah 0-3 dari Thailand.

Timnas Indonesia sendiri harus menjalani play-off dengan tiga tim lainnya, yakni Kamboja, Taiwan, dan Guam.

Rencananya, play-off kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar dengan sistem kandang- tandang. Leg pertama akan digelar pada 7 September. Leg kedua pada 12 Oktober 2021. Pasukan Shin Tae-yong akan lebih dahulu menjamu Taiwan di kandang, baru gantian leg kedua main tandang.

Andai menang, Timnas Indonesia akan lolos ke babak grup kualifikasi Piala Asia 2023. Nantinya, dari 24 tim yang bertarung pada fase grup kualifikasi, hanya ada 11 slot yang bisa main di putaran final Piala Asia 2023. Rencananya, Piala Asia 2023 akan dihelat di China pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023.