Timnas Indonesia Bungkam Kuwait, Shin Tae-yong Ungkap Hal Membanggakan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 09 Juni 2022
Timnas Indonesia Bungkam Kuwait, Shin Tae-yong Ungkap Hal Membanggakan
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia setelah Rachmat Irianto mencetak gol ke gawang Kuwait. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia berhasil membuat kejutan pada laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6) malam WIB. Tim asuhan Shin Tae-yong itu menang tipis 2-1.

Timnas Indonesia sebetulnya tertinggal terlebih dulu oleh gol Youssef Nasser pada menit 41. Namun, keunggulan tersebut tidak bertahan lama.

Hanya berselang tiga menit dari gol tersebut, Timnas Indonesia mendapatkan penalti setelah Rachmat Irianto dilanggar oleh kiper Kuwait, Hussain Kankone. Marc Klok yang tampil sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna sekaligus mengubah skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua serangan cepat Timnas Indonesia berbuah hasil. Tendangan Witan Sulaeman dari dalam kotak penalti berhasil ditepis Kankone, namun bola muntah langsung disambar oleh Rachmat Irianto dan membuat Timnas Indonesia berbalik unggul jadi 2-1.

Baca Juga:

Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Bungkam Kuwait 2-1

Terbiasa di Eropa, Elkan Baggott Siap Atasi Cuaca Panas Kuwait

Skor tersebut berhasil dipertahankan sampai pertandingan berakhir. Dalam sesi konferensi pers usai laga, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyebut kalau kemenangan atas Kuwait membuktikan sepak bola Indonesia terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Ini merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Kuwait dalam 42 tahun terakhir. Sebelumnya, Tim Merah-Putih membungkam Kuwait saat Merdeka Games tahun 1980. Menariknya, saat itu Timnas Indonesia juga menang dengan skor 2-1.

"Saya tak yakin sejak kapan terakhir Indonesia menang atas Kuwait. Akan tetapi, dengan kemenangan ini saya tidak ragu sepak bola Indonesia akan lebih berkembang lagi," kata Shin Tae-yong.

Berkat kemenangan ini Timnas Indonesia untuk sementara menempati peringkat kedua Grup A dengan poin 3. Puncak klasemen ditempati Yordania yang mengalahkan Nepal 2-0. Di laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Yordania, Minggu (12/6) dinihari WIB.

Timnas Indonesia Kuwait Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.299

Bagikan