BolaSkor.com - Timnas Indonesia diminta untuk mengikuti jejak Timnas Putri Indonesia yang melenggang ke putaran final Piala Asia. Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Kepastian ini didapat usai Timnas Indonesia meraih kemenangan 3-0 atas Taiwan, pada laga kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Senin (11/10) malam WIB.

Tiga gol kemenangan Skuat Garuda dicetak oleh Egy Maulana Vikri (27'), Ricky Kambuaya (55'), dan Witan Sulaeman (93'). Alhasil, Skuat Garuda menang agregat 5-1, setelah juga mengalahkan Taiwan 2-1 di pertandingan pertama.

Sementara itu, Timnas Putri sudah lebih dahulu lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 di India. Kepastian ini didapat usai Skuat Garuda Pertiwi menang dua kali (1-0 dan 1-0) dari Singapura pada babak kualifikasi.

Baca Juga:

Pemain Senior Kembali ke Klub, Timnas U-23 Berangkat ke Tajikistan

Timnas Indonesia 3-0 Taiwan, Shin Tae-yong Belum Puas

"Alhamdulillah Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Taiwan. Kami lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang keras dan tampil baik malam ini," kata Iriawan, dilansir dari laman resmi PSSI.

"Terus kerja keras, bermain maksimal, jaga kekompakan, dan ikuti intruksi pelatih (Shin Tae-yong) di lapangan. PSSI ingin Timnas Indonesia menyamai Timnas Putri yakni dapat lolos ke Piala Asia 2023. Kami tentu akan mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi raih prestasi Skuat Garuda," imbuh pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Indonesia masuk ke dalam pot 4 dari 24 negara peserta di Kualifikasi Piala Asia 2023. Di pot 4 Indonesia bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, dan pemenang antara Kamboja kontra Guam.

Sedangkan, Thailand dan Filipina ada di pot kedua. Lalu Malaysia dan Singapura di pot ketiga. Vietnam menjadi satu-satunya negara yang sudah lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China.

24 negara Kualifikasi Piala Asia 2023 akan diundi masuk ke dalam enam grup, dengan memainkan sistem kandang-tandang pada pada 1 Februari-27 September 2022. Enam juara grup dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China.