Timnas Indonesia Fokus Kalahkan Filipina, Shin Tae-yong Tak Ambil Pusing soal Lawan di Semifinal

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 01 Januari 2023
Timnas Indonesia Fokus Kalahkan Filipina, Shin Tae-yong Tak Ambil Pusing soal Lawan di Semifinal
Para pemain Timnas Indonesia saat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya jelang lawan Thailand, pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (2

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan timnya hanya fokus untuk mengalahkan Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1).

Juru taktik asal Korea Selatan itu tak mau ambil pusing soal pendapat yang menyebutkan Indonesia menghindari Vietnam di babak semifinal.

Shin Tae-yong mengatakan dirinya tidak memilih-milih lawan di Piala AFF 2022. Sebab menurutnya kekuatan tim di Asia Tenggara saat ini cukup merata.

"Saya sama sekali tidak peduli mau bertemu Vietnam, Singapura atau Malaysia dari Grup B. Yang pasti, kami akan bertemu siapa pun nanti, tim yang kuat di semifinal," kata Shin Tae-yong.

"Jadi fokus lawan Filipina terlebih dahulu. Karena menurut saya, semua pertandingan di Piala AFF ini seperti final. Kami tidak mau menghindari tim yang akan jadi lawan Indonesia," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Pastikan Jordi Amat Absen Lawan Filipina karena Akumulasi Kartu

Timnas Indonesia Tak Cukup Hanya Menang Lawan Filipina untuk Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022

Shin Tae-yong Ingatkan Pemain Timnas Indonesia Hati-hati Supaya Tidak Cedera Lawan Filipina

Di klasemen Grup A, Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua dengan poin 7. Jumlah poin itu sama dengan yang dimiliki Thailand.

Namun, Tim Gajah Perang untuk sementara ini berhak memuncaki klasemen Grup A karena unggul selisih gol dari Indonesia. Thailand punya selisih gol +9, sedangkan Indonesia +8.

Thailand akan menjalani laga hidup dan mati melawan Kamboja. Pasukan Angkor yang menempati posisi ketiga dengan 6 poin masih punya kans lolos seandainya bisa mengalahkan Thailand.

Jika Kamboja menang atas Thailand, lalu Indonesia bisa mengalahkan Filipina, maka Tim Merah-Putih akan keluar sebagai juara Grup A. Tapi jika Thailand dan Indonesia yang menang, penentuan juara grup akan dilihat dari jumlah gol yang didapatkan kedua tim saat menghadapi Kamboja dan Filipina.

Situasi serupa terjadi di Grup B. Vietnam dan Singapura yang berada di peringkat pertama dan kedua punya poin sama, yaitu 7. Kedua tim juga hanya unggul satu poin dari Malaysia di posisi ketiga.

Menariknya, Singapura dan Malaysia juga akan saling berhadapan untuk merebut satu tiket ke semifinal. Sementara itu, Vietnam akan menjadi juara Grup B jika mengalahkan Myanmar.

The Golden Stars juga tetap bisa jadi juara grup seandainya ditahan imbang Myanmar. Syaratnya, laga Singapura melawan Malaysia juga harus berakhir sama kuat alias tanpa pemenang.

Timnas Indonesia Filipina Shin Tae-yong Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.299

Bagikan