Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Akui Vietnam Main Bagus

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 09 Januari 2023
Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Akui Vietnam Main Bagus
Dendy Sulistyawan dikawal ketat oleh Bui Tien Dung. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui Vietnam tampil baik pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1) malam WIB. Vietnam menang 2-0 (agregat 2-0) dan mengubur asa Indonesia ke partai puncak.

Vietnam yang mendapatkan dukungan penuh dari para pendukungnya membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan tiga menit lewat Nguyen Tien Linh. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Vietnam kembali mengejutkan Indonesia melalui gol cepat saat laga baru berlangsung dua menit. Gol kembali dilesakkan oleh Nguyen Tien Linh yang memanfaatkan sepak pojok.

Setelah gol itu Indonesia mencoba untuk keluar menyerang. Namun, pertahanan Vietnam masih terlalu tangguh untuk Marc Klok dan kawan-kawan.

"Saya pikir Vietnam bermain bagus hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada mereka karena menang dan menjaga gawangnya tidak kebobolan," kata Shin Tae-yong dikutip dari VOV.

Baca Juga:

Kalah 0-2 dari Vietnam, Timnas Indonesia Terhenti di Semifinal

Statistik Hampir Sama Serangan Timnas Indonesia dan Vietnam

Shin Tae-yong menambahkan, Timnas Indonesia memang tidak bermain sebaik di pertemuan pertama yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1). Menurut dia, salah satu faktor yang menyebabkan hal itu adalah kualitas lapangan.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai para pemainnya belum terbiasa dengan kualitas lapangan Stadion Nasional My Dinh yang dinilai tidak sebaik di SUGBK. Ini menyebabkan Skuat Garuda kesulitan mengembangkan permainan.

"Vietnam sudah terbiasa bermain di stadion ini, sedangkan kami masih merasa asing. Saya juga selalu mengingatkan para pemain untuk berhati-hati terutama di 5 menit pertama dan 5 menit terakhir. Untuk gol pertama, kiper kami Nadeo salah membaca situasi, sedangkan di gol kedua kami kehilangan fokus dalam menjaga para pemain Vietnam."

"Selain itu kami juga tidak beradaptasi dengan baik hari ini. Saat SEA Games kami bermain di sini dan lapangannya lebih baik dari sekarang. Di leg pertama kami bermain bagus di atas rumput indah Stadion GBK," ujarnya.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Shin Tae-yong Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.178

Bagikan