BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan melakoni babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, dua pertemuan akan dilangsungkan di tempat netral.

Playoff kualifikasi semula dijadwalkan digelar pada 7 September dan 12 Oktober. Indonesia menjamu Taiwan lebih dahulu, sebelum gantian.

Terakhir PSSI menjelaskan bahwa pertemuan pertama urung digelar pada 7 September. PSSI menyebut telah bersepakat dengan Federasi Sepak Bola Taiwan (CTFA), dimana pertemuan pertama mundur ke Oktober.

Baca Juga:

Paul Munster Pertanyakan Pemanggilan Evan Dimas dan Adam Alis ke Timnas

Lima Pemain Persebaya Dipanggil ke Timnas, Aji Santoso: Mohon Kebijakan Khusus

Situasi pandemi COVID-19 menjadi alasan. Terlebih dengan aturan karantina selama 8 hari seperti yang dijelaskan Yunus Nusi sebelumnya.

Adapun CTFA pada 8 September menjelaskan bahwa pertandingan melawan Indonesia urung digelar di Taiwan. AFC menyurati CTFA pada 7 September dan menjelaskan bahwa pertandingan tidak bisa digelar di Taiwan mengingat aturan karantina selama lima hari bagi tim lawan, termasuk Kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 dan Piala Asia U-23.

"Rencananya di tempat netral," kata Yunus Nusi, Minggu (19/9).

Shin Tae-yong sempat mengatakan bahwa pertemuan berpotensi digelar di Qatar. Hal ini disampaikannya kepada media Korea Selatan pada pertengahan Agustus.

"Ada rencana di Thailand. Masih menunggu AFC. Thailand tidak (menerapkan) karantina," jelas Yunus Nusi.

Tempat netral juga menjadi solusi bagi pertemuan Kamboja dengan Guam, di playoff lainnya. Federasi Kamboja dan Guam sepakat bertemu di Bahrain, sesuai yang dilaporkan laman Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC).

Sementara itu, Timnas Indonesia akan mulai dipersiapkan dalam pemusatan latihan atau training camp (TC), yang dijadwalkan digelar mulai 19 hingga 30 September. Sebanyak 36 pemain akan diuji pelatih Shin Tae-yong.