Piala AFF 2020: Bantai Malaysia, Timnas Indonesia Bertemu Singapura di Semifinal

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 19 Desember 2021
Piala AFF 2020:  Bantai Malaysia, Timnas Indonesia Bertemu Singapura di Semifinal
Irfan Jaya dan Pratama Arhan merayakan gol ke gawang Malaysia. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia membungkam Malaysia dengan skor 4-1, pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12) malam WIB. Penyerang sayap Timnas Indonesia, Irfan Jaya, memborong dua gol dalam pertandingan ini.

Timnas Indonesia langsung menggebrak begitu wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Peluang pertama didapat dari Pratama Arhan, tetapi sepakannya dari luar kotak penalti masih sedikit menyamping dari gawang Malaysia.

Malaysia kemudian merespons serangan tersebut dengan mencoba melakukan tekanan dari berbagai sisi. Hasilnya tim berjulukan Harimau Malaya tersebut mampu unggul pada menit ke-13 melalui Kogi Raj.

Pemain bernomor punggung 15 itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Nadeo Argawinata. Ia memanfaatkan kesalahan Irfan Jaya dalam membuang bola dari dalam kotak penalti Timnas Indonesia.

Selepas gol tersebut Timnas Indonesia terus menebar ancaman untuk mencari gol penyama kedudukan. Serangan-serangan yang dibangun Skuat Garuda berbuah hasil pada menit 36.

Irfan Jaya yang tidak terkawal berhasil melepas tendangan terarah dari dalam kotak penalti Malaysia setelah menerima umpan Witan Sulaeman. Skor berubah menjadi 1-1.

Timnas Indonesia yang seolah mendapat momentum terus mengurung pertahanan Malaysia. Pada menit 43, Irfan Jaya sukses mencetak brace sekaligus gol kedua untuk Timnas Indonesia.

Pemain asal PSS Sleman tersebut mencocor bola yang dilepaskan Pratama Arhan. Sebelum melepas umpan tersebut Arhan berhasil melewati dua pemain Malaysia yang mengawalnya.

Baca Juga:

Irfan Jaya Borong Dua Gol, Timnas Indonesia Unggul atas Malaysia di Babak Pertama

Piala AFF 2020: Thailand Juara Grup A Usai Bungkam Singapura

Di babak kedua, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memasukkan Elkan Baggott menggantikan Ramai Rumakiek. Penggawa Persipura Jayapura tersebut sempat mendapat perawatan di pengujung babak pertama.

Timnas Indonesia kembali menambah keunggulan pada menit 50 lewat Pratama Arhan. Sepakan keras penggawa PSIS Semarang tersebut dari luar kotak penalti berhasil membuat kiper Malaysia tidak berdaya. Skor 3-1 untuk Timnas Indonesia.

Memasuki menit 75, Shin Tae-yong menurunkan Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto. Strategi itu terbukti tepat.

Evan Dimas berhasil menjadi kreator bagi gol keempat Timnas Indonesia yang dicetak oleh Elkan Baggott pada menit 82. Umpan Evan Dimas dari sepak pojok berhasil diteruskan dengan sundulan oleh penggawa Ipswich Town U-18 tersebut.

Skor 4-1 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga laga usai. Dengan hasil ini tim Merah-Putih berhak lolos ke babak semifinal dengan status juara Grup A.

Timnas Indonesia mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan. Poin tersebut sama dengan yang dikumpulkan Vietnam, tetapi Skuat Garuda unggul produktivitas gol.

Di babak semifinal nanti, Timnas Indonesia akan bertemu runner-up Grup A, Singapura, pada 22 dan 25 Desember 2021. Sementara Vietnam bakal berhadapan dengan Thailand sebagai juara Grup A.

Piala AFF 2020
Malaysia 1-4 Timnas Indonesia. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Susunan Pemain:

Malaysia: Khairul Fahmi; Chai Chools, Muhammad Syahmi, Putera Nadher, Mohd Rizal; Baddrol Bakhtiar, Arif Aiman (Muhammad Akhyar,59'), Kogi Raj (Guilherme de Paula,59') Mohamad Faisal; Muhammad Syafiq, Safawi Rasid (Dominic Tan,46').

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto (Evan Dimas,75') Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek (Elkan Baggott,46'), Irfan Jaya (Yabes Roni,93'); Ezra Walian (KH Yudo,64', Hanis Saghara, 93").

Timnas Indonesia Timnas malaysia Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan