BolaSkor.com - Timnas Indonesia kemungkinan batal berlaga pada Maret 2021 di sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua Grup G. Setidaknya ada dua laga yang dijadwalkan dijalani skuat Garuda pada bulan tersebut.

Masing-masing melawan Thailand yang direncanakan 25 Maret, serta menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) lima hari berselang.

Laga kontra Thailand berstatus tandang, sementara melawan UEA dijadwalkan di kandang. Adapun satu laga lain dijadwalkan Juni, yakni melawan Vietnam.

Potensi ini tak lepas dari opsi yang tengah dipertimbangkan oleh AFC. Seperti dilaporkan media UEA Dubaisports mengutip Alittihad, ada dua opsi untuk sisa kualifikasi zona Asia.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Berjanji Bikin Timnas Indonesia seperti Bubuk Cabai Pedas

Lawan Timnas Indonesia Kembali Gelar TC dan Jadwalkan Hadapi Irak

Opsi pertama, sisa kualifikasi putaran kedua tetap diselenggarakan pada Maret dan Juni 2021. Formatnya diperkirakan tetap yakni kandang-tandang.

Sedangkan opsi kedua menggelar sisa kualifikasi pada Juni. Hanya saja, sisa pertandingan akan digelar secara terpusat. Dua opsi ini kabarnya diserahkan ke masing-masing grup.

Dalam pertemuan November 2020, AFC sebelumnya sudah menetapkan bahwa Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Piala Asia 2023 putaran kedua harus rampung sebelum 15 Juni 2021.

Opsi menggelar sisa kualifikasi pada Juni 2021 juga disampaikan oleh Sekjen Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Patit Supaphong. "Kami harus berbicara dengan AFC, karena AFC harus memastikan apakah kami bisa menyelenggarakan pertandingan."

"Saya yakin bulan Maret masih terlalu dini bagi banyak negara (tiim nasional), untuk menjalani laga kandang atau tandang. Kualifikasi harus berakhir Juni. Jika digelar Juni, saya yakin AFC akan memutuskan menggelar pertandingan terpusat," jelas Patit dikutip dari Siamsport.