Timnas Indonesia Tak Cukup Hanya Menang Lawan Filipina untuk Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 01 Januari 2023
Timnas Indonesia Tak Cukup Hanya Menang Lawan Filipina untuk Jadi Juara Grup A Piala AFF 2022
Selebrasi pemain Timnas Indonesia menyambut gol Marc Klok ke gawang Thailand, pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12) sore WIB. (BolaS

BolaSkor.com - Penyerang Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic, bertekad membawa Tim Merah-Putih menggusur Thailand dari posisi pertama sekaligus mengunci status juara Grup A Piala AFF 2022.

Target itu bisa dicapai seandainya Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor telak di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1).

Sebab, di pertandingan lainnya, Thailand yang akan bermain di kandang sendiri menghadapi Kamboja. Tim Gajah Perang diprediksi bisa melewati laga ini dengan mulus.

Saat ini Thailand dan Timnas Indonesia berada di posisi pertama dan kedua Grup A dengan sama-sama mengumpulkan 7 poin dari tiga pertandingan. Namun, Thailand berhak menempati puncak klasemen karena unggul selisih gol dari Indonesia.

Thailand punya selisih gol +9, unggul satu gol dari Indonesia (+8). Dengan demikian, Indonesia harus bisa menang dengan selisih dua gol dari yang didapatkan Thailand.

Baca Juga:

Spaso Tegaskan Timnas Indonesia Datang ke Filipina untuk Meraih Kemenangan

Filipina Vs Timnas Indonesia Digelar di Lapangan Rumput Sintetis, Nadeo Bicara Tantangannya

Thailand Dijanjikan Bonus Lebih dari Rp2 Miliar jika Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Misalnya, jika Thailand mengalahkan Kamboja dengan skor 4-0, maka Indonesia harus menang minimal 6-0 atas Filipina. Situasi ini disadari oleh para pemain Timnas Indonesia, termasuk penyerang utama tim Merah-Putih, Ilija Spasojevic.

"Kami butuh kemenangan dan untuk juara grup kami butuh kemenangan lebih dari satu gol dari (yang diciptakan) Thailand," kata Spaso.

Sebagai penyerang Timnas Indonesia, tugas mencetak gol jadi tanggung jawab Spaso. Dia pun menyatakan kesiapannya dalam mengemban tugas tersebut.

Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani Skuat Garuda, ketajaman Spaso belum terlihat. Pemain Bali United itu baru mencetak satu gol saat Indonesia menang 7-0 atas Brunei Darussalam.

Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok saat ingin mengambil tendangan bebas melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Jumlah gol itu sama dengan yang dibuat oleh dua penyerang Indonesia lainnya, yaitu Dendy Sulistyawan dan Ramadhan Sananta. Sedangkan Muhammad Rafli belum 'pecah telur'.

"Tapi bukan hanya penyerang [yang bisa mencetak gol]. Kita lihat permainan timnas, semua pemain bisa mencetak gol."

"Justru yang sering mencetak gol bukan penyerang. Jadi setiap pemain harus siap ketika berada di depan gawang lawan. Semoga besok kami bisa mencapai target," ujarnya.

Pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia sejauh ini di Piala AFF 2022 dipegang oleh Egy Maulana Vikri dan Marc Klok dengan dua gol. Kedua pemain tersebut merupakan seorang winger dan gelandang.

Timnas Indonesia Filipina Ilija spasojevic Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.282

Bagikan