BolaSkor.com - Timnas Indonesia terancam tidak menggelar uji coba sebelum tampil di Piala AFF 2022. Hal ini disebabkan Tim Merah-Putih kesulitan mencari lawan tanding.

Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan atau TC di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. TC berlangsung sejak 28 November 2022.

Namun, sampai memasuki pekan kedua ini, tim pelatih belum juga mengagendakan pertandingan uji coba. Situasi ini disebabkan klub-klub sudah mulai kembali berkompetisi.

Sementara itu, kalau mengajak negara lain untuk beruji coba juga dinilai tidak mudah. Selain di luar kalender FIFA Matchday, pada bulan ini tidak ada tim nasional yang sedang berkumpul karena para pemainnya sedang bersama klub masing-masing.

"Situasinya tidak mendukung untuk uji coba karena Liga 1 sudah bergulir," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

PSSI Tunjuk Endri Erawan dan Sumardji Jadi Manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

TC Timnas Berjalan Lancar, Kapten Fachruddin Aryanto Ajak Satukan Kekuatan Hadapi Piala AFF 2022

Timnas Indonesia Diizinkan Menpora Berkandang di SUGBK saat Piala AFF 2022

Shin Tae-yong menjelaskan, situasi ini sebetulnya tidak ideal. Sebab, hasil dari latihan hanya bisa diukur melalui sebuah pertandingan.

"Jujur, yang namanya progress sebenarnya kita gak bisa lihat dari latihan, tetapi hanya bisa kita lihat dari pertandingan. Tetapi memang dari segi mental dan fisik, memang sedikit demi sedikit semakin membaik," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.