Timnas Indonesia U-16 8-0 Brunei Darussalam: Garuda Muda Kalah Selisih Gol dari China

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 20 September 2019
Timnas Indonesia U-16 8-0 Brunei Darussalam: Garuda Muda Kalah Selisih Gol dari China
Pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Brunei Darussalam (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan telak 8-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Madya, Senayan, Jumat (20/9). Kemenangan ini sangat penting, karena pada laga terakhir Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi laga penentu melawan China.

Timnas Indonesia U-16 memulai pertandingan dengan tensi yang tinggi. Butuh kemenangan dan gol banyak membuat tim asuhan Bima Sakti ini bermain lebih menekan dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya melawan Kepulauan Mariana Utara.

Menit keenam, Skuat Garuda Muda mendapatkan peluang dari Marselino Ferdinan. Akan tetapi tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih melebar di sisi kanan gawang Brunei Darussalam.

Timnas Indonesia U-16 mendapatkan peluang emas pada menit ke-13 dari titik putih usai Ruy Aryanto dijatuhkan di dalam kotak penalti. Ahmad Athallah yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan peluang.

Baca Juga:

Timnas China U-16 Gilas Kepulauan Mariana Utara 15-0 Sebelum Jumpa Indonesia

Kisah Timnas Indonesia U-16 dan Brunei Darussalam U-16: Satu Hotel dan Ibadah Bersama

Menit ke-22 Timnas Indonesia U-16 kembali mendapatkan peluang. Berada dalam kotak penalti, Ruy Aryanto melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Tapi tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Brunei Darussalam.

Skuat Garuda Muda kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini Aditya Daffa yang mendapatkan, namun bola tendangannya dari luar kotak penalti masih digagalkan mistar gawang.

Timnas Indonesia U-16 akhirnya menggandakan kedudukan lewat gol yang dicetak Aditya Daffa usai memanfaatkan sepak pojok yang dilakukan oleh Ruy Aryanto. Skor 2-0 tidak berubah hingga akhir babak pertama selesai.

Babak kedua berjalan belum genap satu menit, tim asuhan Bima Sakti kembali mendapatkan penalti. Kali ini Marselino Ferdinan yang menjadi algojo berhasil menuntaskan tugasnya tersebut menjadi gol.

Timnas Indonesia U-16 tidak mengendurkan serangan mereka. Akan tetapi, peluang yang mereka ciptakan belum bisa menghasilkan gol tambahan untuk Timnas Indonesia U-16.

Timnas Indonesia U-16 menambah keunggulannya pada menit ke-60. Mochamad Faisal berhasil menanduk bola usai memanfaatkan umpan Marselino Ferdinan dari sisi kanan pertahanan Brunei Darussalam.

Tiga menit berselang, Ruy Aryanto mencetak gol kelima Timnas Indonesia U-16. Lolos dari jebakan offside usai mendapatkan umpan dari Marselino Ferdinan, tendangan membuat bola terarah dan meluncur deras ke gawang Azali Waliuddin.

Timnas Indonesia terus menggempur pertahanan Brunei Darussalam. Alahasil pada menit ke-68 Mochamad Faisal mencetak gol keduanya pada pertandingan ini setelah memanfaatkan umpan dari Ahmad Athallah. Garuda Muda semakin menjauh dengan unggul enam gol.

Menit ke-82 Ruy Aryanto kembali mencetak gol keduanya pada laga ini. Memanfaatkan umpan dari Mochamad Faisal bola sundulan terarah dan tidak mampu ditahan oleh Azali Waliuddin.

Belum puas dengan tujuh gol, Aditya Daffa mencetak gol kedua sekaligus gol kedelapan Timnas Indonesia U-16. Memanfaatkan umpan dari Valeron, Daffa mencetak golnya lewat sundulan terukurnya.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia mengoleksi sembilan poin namun tertahan di posisi kedua di bawah China. Timnas Indonesia hanya kalah selisih gol dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Susunan Pemain

Brunei Darussalam (4-4-2): Azali Waliuddin (GK), Muhamad Aqil, Mohammad Nazry, Muhd Wafiq, Danial Hariz, Abdul Hafiy, Ali Munawwar, Danisyh Syariee, Idzzaham, Syaherrul Affendy, Muhammad Syahmi.

Pelatih: Mohhamad Ikhmarol Izzat

Indonesia (4-3-3): Putra Kaicen (GK), Alfin Farhan, Kadek Arel, Alexandro Felix, Dimas Juliono, Resa Aditya, Marselino Ferdinan, Raka Cahya, Aditya Daffa, Ahmad Athallah, Ruy Aarianto.

Pelatih: Bima Sakti

Timnas Indonesia U-16 Timnas indonesia u-15 Bima sakti Piala Asia U-16 Kualifikasi Piala Asia U-16 Kualifikasi Piala Asia U-16 2020
Posts

4.871

Bagikan