BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan menjalani dua uji coba di Uni Emirat Arab. Uji coba akan dijalani masing-masing pada 21 dan 24 Oktober.

Garuda Muda akan bertolak ke UEA pada Senin (19/10). Skuat asuhan Bima Sakti pulang ke tanah air pada 25 Oktober sebelum melanjutkan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, hingga 8 November.

"Alhamdulilah kita terima kasih kepada Pak Ketua Umum PSSI Bapak Mochamad Iriawan karena kami bisa melakukan uji coba ke luar negeri. Insya Allah kami akan berangkat ke Uni Emirat Arab. Bersyukur juga akan mendapat dua kali uji coba di sana dan saya pikir ini baik buat para pemain untuk dapat mengembangkan permainan," jelas pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-16 Akan Bertandang Lawan UEA dan Gelar TC di Inggris atau Turki

AFC Ubah Titel 12 Turnamen, Ada Piala Asia U-16 dan U-19

Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi sebelumnya menjelaskan bahwa UEA sudah bersedia untuk menjadi lawan uji coba. Ia juga sempat menjelaskan bahwa Timnas Indonesia U-16 berpotensi untuk menjalani pemusatan latihan di Inggris atau Turki.

Bima Sakti menambahkan bahwa uji coba di luar negeri sangat penting dalam persiapan menuju Piala Asia U-16. Apalagi, Garuda Muda belakangan kesulitan mendapat lawan internasional karena pandemi virus corona (COVID-19).

"Para pemain akan mendapat jam terbang karena mereka akan menghadapi tim yang saya yakin levelnya bagus. Ini juga menjadi tolak ukur kami nanti ke depan. Karena tim Uni Emirat Arab cara bermain dan kualitasnya seperti tim Arab Saudi, yang akan menjadi calon lawan kami nanti di Piala Asia," terang Bima Sakti.

Adapun Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap uji coba internasional memberikan manfaat.

”Saya yakin ini kesempatan yang bagus bagi tim untuk memetik pengalaman dari laga uji coba. Meski Piala Asia tahun ini tertunda, persiapan tim tidak akan berhenti, termasuk melakoni laga uji coba dengan tim di luar negeri. Saya yakin timnas U-16 punya potensi dan materi mumpuni."