Timnas Indonesia U-20 Resmi Dibubarkan Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 01 April 2023
Timnas Indonesia U-20 Resmi Dibubarkan Shin Tae-yong
Skuat Timnas Indonesia U-20 dibubarkan setelah batal tampil di Piala Dunia U-20 2023. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-20 resmi dibubarkan oleh Shin Tae-yong pada Sabtu (1/4). Ini setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sebelum dibubarkan, para pemain Timnas Indonesia U-20 menjalani latihan bersama dengan Timnas U-22 proyeksi SEA Games 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4) sore. Sesi latihan itu pun dikunjungi secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi didampingi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali serta Ratu Tisha Destria. Setelah tim dibubarkan, para pemain dikembalikan ke klubnya masing-masing.

"Setelah ini (Timnas Indonesia U-20) akan dibubarkan. Tim ini (sebelumnya) dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20," kata Shin Tae-yong saat ditemui awak media di SUGBK, Jakarta, Sabtu (1/4).

Baca Juga:

Shin Tae-yong Sakit Hati Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI Minta Maaf ke Skuat Timnas U-20

Berusaha Move On, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos Piala Dunia

Shin Tae-yong mengatakan kondisi ini sebetulnya sangat disayangkan oleh Presiden Jokowi. Sebab, Timnas Indonesia U-20 sudah mempersiapkan diri dengan baik.

"Pak Presiden tadi bicara selalu menonton pertandingan-pertandingan Timnas Indonesia dan melihat perkembangan yang baik, tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar di Indonesia, jadi (Timnas Indonesia U-20) tidak bisa ikut," ujarnya.

FIFA memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Tidak dijelaskan secara rinci alasan di balik keputusan itu.

Namun, Ketum PSSI Erick Thohir mengklaim FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia karena faktor intervensi dan keamanan.

Ini disinyalir adanya penolakan terhadap timnas Israel U-20. Berbagai kelompok mulai dari partai politik (parpol), organisasi masyarakat (ormas), sampai kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kedatangan Israel yang lolos ke Piala Dunia U-20 2023 sebagai runner-up Piala Eropa U-19 2022.

Timnas indonesia u-20 Shin Tae-yong Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.292

Bagikan