Timnas Indonesia U-23 Ditargetkan Lolos Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 26 Mei 2023
Timnas Indonesia U-23 Ditargetkan Lolos Putaran Final Piala Asia U-23 2024
Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023. (NOC/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memasang target maksimal untuk Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Erick menargetkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran final.

Berdasarkan pengundian yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (25/5) siang, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan.

Selain Indonesia, AFC menunjuk 10 tim lainnya sebagai tuan rumah, yaitu Yordania (Grup A), Korea Selatan (Grup B), Vietnam (Grup C), Bahrain (Grup D), Uzbekistan (Grup E), dan Kuwait (Grup F).

Kemudian Tiongkok/China (G), Thailand (H), Tajikistan (I), dan Arab Saudi (J). Babak kualifikasi ini berlangsung pada 4-12 September 2023.

Sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta menjadi 16 tim di putaran final nanti. Piala Asia U-23 juga menjadi ajang kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Baca Juga:

Indra Sjafri Optimistis Timnas U-23 Lolos Putaran Final Piala Asia U-23 2024

Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan

Timnas Asuhan Indra Sjafri Juga Ditunggu Piala AFF U-23, Lawan Diketahui 29 Mei

"Hasil undian grup kita berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei (Taiwan). Karena peta persaingan sepak bola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal," kata Erick Thohir.

"Saya optimistis atmosfer sepak bola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final," ujar Erick menambahkan.

Pada edisi terakhir Piala Asia U-23 yang berlangsung tahun 2022, Timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke putaran final setelah kalah 2-3 dan 0-1 dari Australia.

Saat itu dua tim lainnya di Grup G, yaitu Tiongkok dan Brunei Darussalam memilih untuk mundur, sehingga hanya Australia yang berhak lolos dari babak kualifikasi.

"Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," tutur Erick Thohir.

Timnas indonesia u-23 Pssi Erick thohir Piala Asia U-23 Kualifikasi Piala Asia U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.287

Bagikan