BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia dua kali di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G. Format ini dipakai setelah Brunei Darussalam dan China memutuskan mengundurkan diri.

Brunei lebih dahulu menyampaikan keputusan penarikan diri. Itu sebelum China menyusul, dengan alasan pengendalian dan pencegahan pandemi.

Keputusan keduanya membuat Grup G hanya diisi dua tim, yakni Indonesia dan Australia. Grup G akan dihelat di Tajikistan.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-23 Berpotensi Beruji Coba Melawan Lebanon Selain Tajikistan

Persija Tak Masalah Kehilangan Jasa Taufik Hidayat dan Braif Fatari

"Timnas China (U-23) telah menarik diri dari partisipasi dalam turnamen Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Oleh karena itu, hanya tim Australia dan Indonesia yang akan tampil di Grup G, yang akan bermain satu sama lain sebanyak dua pertandingan pada 27 dan 30 Oktober," tulis Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) di laman Facebook-nya.

Format ini juga dirasakan Timnas Putri Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2022. Menyusul mundurnya Korea Utara dan Irak, Indonesia dua kali menghadapi Singapura dan menang dengan agregat 2-0.

"Lagi menunggu surat resmi AFC," kata Indra Sjafri, Direktur Teknik PSSI.

Timnas Indonesia U-23 sudah menuju Tajikistan untuk menjalani persiapan sekaligus kualifikasi. Ada dua rombongan, masing-masing dari Thailand dan Indonesia.

Rombongan dari Thailand berisikan pelatih, staf, ofisial, serta pemain yang lebih dulu memperkuat Timnas Indonesia di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan.

Timnas Indonesia U-23 mengagendakan dua uji coba sebelum masuk ke kualifikasi. Satu uji coba sudah dipastikan, yakni melawan Tajikistan pada 19 Oktober. Sementara rencana melawan Lebanon pada 22 Oktober masih menunggu kepastian.