BolaSkor.com - Timnas Indonesia mulai bersiap untuk berkiprah di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2019. Pasukan Simon McMenemy bakal melakoni dua partai uji coba.

Pertama, Timnas Indonesia akan menghadapi Myanmar di markasnya pada 25 Maret 2019. Uji coba kedua bakal berlangsung pada Juni 2019 dengan melawan Taiwan. Keduanya digelar di kandang lawan.

"Sudah fix. Timnas Indonesia senior pada 25 Maret 2019 menghadapi Myanmar dan pada Juni melawan Taiwan," ujar Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria di Kantor PSSI FX Sudirman, Rabu (13/2).

"Kemungkinan dua laga uji coba ini tandang karena persiapan Kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia. Jadi kita keluar terus untuk main away. Kan 2018 sudah home terus," kata Tisha menambahkan.

Baca Juga:

Tiga Calon Asisten Pelatih Timnas Indonesia

Ambisi Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020 akan Sulit jika Australia Jadi Ikut

Simon McMenemy
Simon McMenemy diperkenalkan secara resmi oleh PSSI. (Media PSSI)

Adapun, gelaran Kualifikasi Piala Asia U-23 juga menjadi wadah untuk masuk ke putaran final Piala Dunia 2022. Perhelatan ini bakal dimulai pada 6 Juni - 22 Maret 2022.

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 berlangsung pada empat babak. Yaitu, babak pertama, babak kedua, babak play-off, dan babak ketiga. Kemenangan melawan Myanmar akan membuat Timnas Indonesia langsung lolos ke babak kedua, tanpa melewati babak pertama.

"Itu jadi laga penting untuk memperbaiki ranking kita agar nanti bisa kita langsung lolos di putaran Kualifikasi Piala Asia dan Piala Dunia di September 2019. Jadi Timnas Indonesia akan bersiap pada 6 Maret. Jadwal TC (training center) kami berihtahu setelah coach Simon umumkan," terang Tisha.

"Bulan Juni hanya ada satu (uji coba) karena berkaitan dengan lebaran. Agak sulit kami menggelar dua pertandingan pada Maret ini. Waktunya mepet untuk bisa ada. Ada satu lagi dengan persiapan yang diminta coach Simon (McMenemy). Jadi kami cukup satu laga melawan Myanmar," imbuhnya mengakhiri.