Timnas Indonesia Vs Singapura, Ulangan Pertemuan 23 Tahun Silam

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 20 Desember 2021
Timnas Indonesia Vs Singapura, Ulangan Pertemuan 23 Tahun Silam
Timnas Indonesia merayakan keberhasilan ke semifinal Piala AFF 2020. (AFF Suzuki Cup)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Kepastian ini setelah skuat Garuda memastikan diri lolos sebagai juara Grup B.

Dalam laga terakhir, Timnas Indonesia menggilas Malaysia 4-1. Indonesia tertinggal lebih dahulu melalui gol Kogilesawaran Raj pada menit ke-13.

Empat gol skuat Garuda dicetak oleh Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43, Pratama Arhan menit ke-50, dan Elkan Baggott menit ke-82.

Indonesia pun menyelesaikan babak penyisihan dengan 10 poin. Jumlah poin sama dengan Vietnam, namun Garuda unggul dalam produktivitas gol setelah poin, head to head, dan selisih gol sama.

Vietnam menang 4-0 dalam laga terakhirnya di Grup B atas Kamboja lewat gol Nguyen Tien Linh (3', 27'), Bui Tien Dung (55'), dan Nguyen Quang Hai (57').

Baca Juga:

Jadwal Semifinal Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Vs Singapura

Deretan Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Gilas Malaysia 4-1 untuk ke Semifinal

Semifinal antara Indonesia dengan Singapura akan berlangsung 22 dan 25 Desember. Adapun semifinal lain mempertemukan Thailand sebagai juara Grup A dengan Vietnam yang finis sebagai runner-up Grup B.

Timnas Singapura menjadi juara. (AFF)

Pertemuan ini seperti ulangan semifinal Piala AFF 1998 yang digelar di Vietnam. Seperti diketahui, Indonesia dan Singapura juga bertemu di fase knockout.

Bedanya Singapura berstatus juara Grup B, sementara Indonesia merupakan runner-up Grup A di bawah Thailand setelah diwarnai terjadinya sepak bola gajah. Semifinal lain mempertemukan Thailand dengan Vietnam, juga seperti di edisi 2020.

Semifinal hanya berlangsung sekali. Lions mengalahkan Garuda 2-1, di mana dua gol Singapura dicetak Rafi Ali dan Nazri Nasir, sementara satu gol Indonesia dibuat Miro Baldo Bento dalam pertandingan di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City pada 3 September 1998.

Singapura bertemu dengan Vietnam yang mengalahkan Thailand 3-0. Itu sebelum memastikan diri menjadi juara lewat kemenangan 1-0 atas sang tuan rumah sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan. Adapun Indonesia menjadi peringkat ketiga usai mengalahkan Thailand via babak penalti 5-4 (3-3).

Timnas Indonesia Singapura Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan