Timnas Indonesia, Wild, dan Perjalanan Panjang Menuju Kejayaan

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Kamis, 08 November 2018
Timnas Indonesia, Wild, dan Perjalanan Panjang Menuju Kejayaan
Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Spesialis hampir juara rasanya predikat yang tepat untuk ditujukan kepada Timnas Indonesia pada Piala AFF. Bagaimana tidak, sepanjang keikutsertaannya, Skuat Merah Putih berkali-kali lolos ke final hanya untuk menelan kekalahan.

Sejak pertama kali digelar pada 1996, Timnas Indonesia lima kali melaju hingga ke partai puncak. Bahkan, Skuat Garuda hanya tiga kali gagal lolos hingga ke fase semifinal Piala AFF.

Wajar rasanya apabila Timnas Indonesia mendambakan gelar Piala AFF. Predikat tim besar di Asia Tenggara rasanya belum lengkap tanpa gelar tersebut.

Bayangkan saja, Thailand yang sudah lama menjadi rival Timnas Indonesia sudah lima kali menjadi juara. Sementara Singapura memenangi Piala AFF empat kali diikuti Malaysia dan Vietnam yang sama-sama satu kali mengangkat piala.

Pada Piala AFF 2000 (saat itu masih bernama Piala Tiger), Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand. Kejadian yang sama terulang pada Piala AFF 2002.

Singapura menjadi penjegal Timnas Indonesia pada Piala AFF 2004. Saat itu, Kurniawan Dwi Yulianto dan kawan-kawan menyerah 2-5 secara agregat pada partai puncak.

Piala AFF 2010 menjadi kesempatan emas Timnas Indonesia menjadi juara. Sayangnya, nasib tragis menimpa skuat asuhan Alfred Riedl yang takluk mengejutkan dari Malaysia.

Pada Piala AFF 2016, Timnas Indonesia hampir meraih gelar juara setelah menang 2-1 atas Thailand pada leg pertama final. Sayang, pada pertemuan kedua Skuat Garuda takluk 0-2.

Timnas Indonesia Indonesia Breaking News Piala aff Piala AFF 2018
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan