Timnas Italia Bisa Jadi Bermain di Piala Dunia jika Pelatihnya Masih Antonio Conte

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 30 Juni 2018
Timnas Italia Bisa Jadi Bermain di Piala Dunia jika Pelatihnya Masih Antonio Conte
Antonio Conte saat masih melatih timnas Italia (Zimbio)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 terasa hambar bagi fans sejati timnas Italia. Bagaimana tidak, untuk kali pertama sejak tahun 1958, Gli Azzurri gagal lolos Kualifikasi Piala Dunia. Italia disingkirkan Swedia dengan agregat gol 0-1 di fase play-off - Swedia kini sukses menembus 16 besar.

Perombakkan besar-besaran langsung dilakukan negara yang sudah meraih empat titel Piala Dunia itu. Carlo Tavecchio mundur dari jabatannya sebagai Presiden FIGC (Federasi Sepak Bola Italia). Pun demikian Gian Piero Ventura yang langsung dipecat FIGC beberapa hari setelah Italia kalah oleh Swedia.

Italia kini dinahkodai pelatih berpengalaman yang sudah melatih banyak klub Eropa, Roberto Mancini. Publik berharap Mancini dapat membangkitkan sepak bola Italia dengan target bermain di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

Sebelum kedatangan Mancini dan Ventura, Italia sedianya sudah memiliki kesatuan yang kuat ketika ditangani Antonio Conte. Pria berusia 48 tahun melatih Italia pada medio 2014-2016 sebelum menerima pinangan Chelsea.

Tavecchio percaya, Italia bakal berpatisipasi di Piala Dunia 2018 jika Conte masih melatih tim. Menurut pengakuannya, Conte memilih pergi ke Chelsea karena perbedaan tipis dari pendapatan yang diterimanya di Italia dengan The Blues.

Conte meminta kenaikan sebesar 2,5 juta euro, namun, Tavecchio tidak mengabulkan keinginannya. Alasannya, Tavecchio mengaku lebih memilih menginvestasikan uang itu untuk memperkuat sektor pembinaan pemain, ketimbang menaikkan gaji Conte.

"Saya tidak memberikan Conte tambahan ekstra 2,5 juta euro yang diinginkannya. Saya bisa saja mendapatkannya dari tiga laga uji coba. Antonio digaji empat juta euro dan dia meminta 6,5 juta euro," tutur Tavecchio, dilansir dari La Gazzetta dello Sport, Sabtu (30/6).

"Dia bisa saja bertahan dengan Azzurri dan kami bisa berada di Rusia (Piala Dunia 2018) saat ini. Tapi, apakah benar memberikan uang yang kami investasikan ke sektor muda hanya untuk satu orang?."

Italia bukan satu-satunya negara besar sepak bola yang absen di Piala Dunia 2018. Selain Italia, ada juga Chili dan Belanda.

Breaking News Timnas Italia FIGC Presiden figc Antonio Conte Chelsea
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan