Timnas Malaysia Bakal Dipenuhi Pemain Naturalisasi di Masa Depan karena Kebijakan Terbaru FAM

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 01 April 2019
Timnas Malaysia Bakal Dipenuhi Pemain Naturalisasi di Masa Depan karena Kebijakan Terbaru FAM
Para pemain timnas Malaysia di Piala AFF 2018. (ThailandNTOfficial)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), mulai mengkaji lebih dalam kebijakan naturalisasi untuk timnas Malaysia. FAM menerapkan peraturan proses naturalisasi dalam tiga tahap, yakni jangka pendek, menengah dan panjang.

Ini merupakan putusan yang lahir dalam pertemuan para pejabat FAM yang dikomandoi Presiden FAM, Datuk Wira Mohd Yusoff Mahadi, Sabtu (30/3) kemarin.

“Jangka pendek melibatkan pemain berdarah campuran yang dilahirkan di Malaysia, Ibu atau Bapaknya dilahirkan di Malaysia, atau Kakek atau neneknya dilahirkan di Malaysia,” tulis keterangan resmi FAM.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Kirim Dukungan untuk Klub Malaysia

Luka Modric Mengaku Real Madrid Rindu Cristiano Ronaldo

FAM memiliki opsi pemain naturalisasi jangka pendek dalam diri Matthew Davies, Darren Lok, Brendan Gan, Kiko Insa, Natxo Insa, dan Nicholas Swirad yang dipanggil untuk ke timnas baru-baru ini.

“Jangka menengah akan melibatkan pemain asing berusia 18 tahun ke atas dan telah bermain di Liga Malaysia selama satu atau dua tahun. Selin itu diyakinkan untuk tinggal selama minimal lima tahun,” tulis FAM lagi.

"Jangka panjang akan melibatkan pemain asing yang masih di usia remaja (di bawah 18 tahun),” FAM melanjutkan.

FAM nantinya akan membentuk komite teknis untuk menentukan jumlah pemain, usia mereka, negara asal, dan hal-hal terkait lainnya dalam proses kebijakan naturalisasi.

Apa yang dilakukan FAM sama persis dengan Indonesia, Singapura, dan Filipina. Namun, secara kebijakan sama seperti Indonesia saat tahun 2010-2013, di mana naturalisasi sangat gencar.

FAM Malaysia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan