Timnas Malaysia Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia, Kim Pan-gon Anggap Keuntungan

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 20 Februari 2022
Timnas Malaysia Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia, Kim Pan-gon Anggap Keuntungan
Kim Pan-gon dan jajaran staf pelatih Timnas Malaysia. (Twitter Pau Marti)

BolaSkor.com - Timnas Malaysia mendapat keuntungan setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memilih Malaysia sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023 putaran ketuga atau akhir. Hal ini seperti disampaikan pelatih anyar Harimau Malaya, Kim Pan-gon.

Selain Malaysia, ada lima negara lain yang akan menggelar kualifikasi. Kelima negara itu yakni India, Kuwait, Kyrgyzstan, Mongolia, dan Uzbekistan.

"Saya kira status sebagai tuan rumah akan memberikan keuntungan besar bagi kami. Ini karena para pemain kami sudah terbiasa dengan atmosfer dan lingkungan bermain di sini," kata Kim Pan-gon dikutip dari myMetro.

“Kami juga akan mendapat dukungan dari fans dan para pemain akan lebih fokus, percaya diri dan bermain lebih nyaman."

Baca Juga:

Kim Pan-gon Optimistis Bawa Malaysia ke Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Terlibat, AFC Pilih Enam Negara Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia

Kualifikasi putaran ketiga atau akhir akan diikuti 24 tim nasional negara anggota AFC. Ke-24 tim dibagi ke dalam enam grup, sehingga masing-masing grup diisi empat tim.

Kualifikasi akan digelar dengan sistem single round-robin pada 8-14 Juni dan hanya 11 tim yang akan lolos ke Piala Asia 2023 dari babak kualifikasi akhir. Rinciannya enam juara grup ditambah lima runner-up terbaik.

Ke-11 tim melengkapi 13 tim nasional yang sudah lebih dahulu memastikan diri lolos, yakni China (tuan rumah), Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Irak, Oman, Vietnam, dan Lebanon.

"Jadi saya yakin situasi ini bisa membantu kami lolos ke putaran final Piala Asia 2023,” ujar Kim Pan-gon.

Timnas Indonesia menjadi salah satu yang akan terlibat di babak kualifikasi. Lawan yang akan dihadapi baru akan diketahui pada 24 Februari, ketika AFC melakukan pengundian grup.

Indonesia masuk ke dalam pot ketiga bersama dengan Afghanistan, Yaman, Myanmar, dan Maladewa. Sementara pot tuan rumah diisi Uzbekistan, Kyrgyzstan, India, Kuwait, Malaysia, dan Mongolia.

Pot pertama diisi Bahrain, Yordania, dan Palestina, pot kedua Thailand, Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, dan Hong Kong. Adapun pot keempat Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Kim Pan-gon Malaysia Breaking News Piala Asia 2023 Kualifikasi Piala Asia 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan