BolaSkor.com - Timnas sepak bola pantai Indonesia berada di Grup C Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023, bersama dengan Jepang, Lebanon, dan China. Ini berdasarkan hasil undian yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (19/1).

Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023 bakal digelar di Pattaya, Thailand, 16-26 Maret. Sebanyak 16 tim akan berpartisipasi, yang dibagi ke dalam empat grup.

"Hari ini undian sudah dilakukan dan kita sudah tahu kita berada di grup yang mana. Yang pasti tim nasional harus segera mempersiapkan tim agar bisa siap bertanding lebih baik dari edisi kompetisi sebelumnya," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Ajang ini bagus untuk para pemain timnas bisa menimba pengalaman. Mereka bisa saling berhadapan dengan tim-tim yang jauh lebih berpengalaman di level Asia dan dunia yang kemudian bisa meningkatkan kualitas tim melalui laga-laga yang akan dihadapi di fase grup nanti," sambung Indra di laman PSSI.

Baca Juga:

Belum Ada Perpanjangan Kontrak untuk Shin Tae-yong

Exco PSSI Minta Shin Tae-yong Mundur: Gagal Out Lah

Sementara itu, pelatih Ida Nyoman Mahayasa menatap ajang dengan optimistis. Ia tidak gentar dengan lawan-lawan yang akan dihadapi, terutama Jepang yang merupakan juara edisi 2019.

"Ini akan sangat baik bagi Indonesia untuk lebih mempersiapkan diri dan mematangkan strategi permainan. Terlebih setelah hasil turnamen sepak bola pantai Piala AFF di Thailand tahun lalu. Kami banyak mendapatkan pelajaran, meskipun belum mencapai hasil maksimal dikejuaraan tersebut."

"Kami tidak akan gentar walaupun ada juara bertahan Jepang dan akan berusaha bermain sebaik mungkin, respek dengan lawan-lawan kami dan tentu akan tampil habis-habisan disetiap laga. Tentu dengan menyiapkan tim yang lebih baik dari turnamen Piala AFF tahun lalu," lanjutnya.

Di turnamen Piala AFF tahun lalu, Indonesia merebut peringkat ketiga sekaligus menyabet medali perunggu. Ini juga bentuk keseriusan Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan menjalankan program sepak bola pantai.

"Target dan tujuan Indonesia mengikuti turnamen ini untuk juga mendapatkan ranking FIFA pada khususnya dan mengenalkan dan memassalkan sepak bola pantai untuk masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu juga untuk menyiapkan tim menuju perhelatan dunia yaitu ANOC World Beach Games, Agustus di Bali dan Indonesia Beach Soccer Cup, September tahun ini," ujar Albinus Laurent dari PSSI. Diharapkan sepak bola pantai menjadi bagian dari program kerja PSSI secara berkesinambungan.

“Persiapan timnas Indonesia diusahakan semaksimal mungkin, dengan materi pemain yang sudah ada tahun lalu sewaktu piala AFF dan diharapkan kepada daerah yang memiliki potensi pemain untuk seleksi bisa ikut serta dalam turnamen bola pantai Yogyakarta yang akan diadakan pada tanggal 25 Februari 2023,” tambah Albinus Laurent.

Dua tim yakni juara dan peringkat kedua dari setiap grup akan melaju ke babak perempat final dengan sistem gugur hingga partai final nanti. Juara 1, peringkat 2 dan peringkat 3 akan secara otomatis lolos ke Piala Dunia Sepak Bola Pantai FIFA yang akan digelar akhir tahun ini.

Pembagian Grup:

Grup A: Thailand, Bahrain, Afganistan, Arab Saudi
Grup B: Uni Emirat Arab, Iran, Malaysia, Uzbekistan
Grup C: Jepang, Lebanon, China, Indonesia
Grup D: Oman, Palestina, Kuwait, Kirgistan