BolaSkor.com - Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung menyadari potensi tim nasional tidak dalam komposisi terbaik di SEA Games 2021 dan Piala AFF. Kedua ajang itu akan digelar pada akhir tahun.

SEA Games 2021 bakal digulirkan mulai 21 November hingga 2 Desember 2021. Ada batasan usia yakni di bawah 22 tahun.

Sedangkan Piala AFF akan diputar mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Biasanya setiap negara memainkan tim senior.

Baca Juga:

Januari 2021, Timnas Malaysia Mulai Panaskan Mesin

Piala AFF Ditunda Lagi, Pelatih Timnas Malaysia: Kabar Baik

"Seperti yang saya katakan, di ASEAN bukan berarti kami harus menampilkan yang terbaik. Itu berarti kami mempersiapkan tim untuk event yang lebih besar seperti Piala Dunia, itu yang ingin saya sampaikan kepada fans," kata Somyot dikutip dari Dailynews.

FAT menyerahkan kepada Akira Nishino soal skuat yang ditampilkan. FAT tidak mempersoalkan apabila Akira Nishino tidak memainkan skuat terbaik dan cenderung menjadikan ajang untuk menguji pemain.

Apalagi, klub-klub Liga Thailand berpotensi tak melepas pemain. Mengingat Piala AFF dan sepak bola SEA Games bukan agenda resmi FIFA.

"Selama waktu itu (SEA Games dan Piala AFF), Liga Thailand berjalan. Kami tidak akan melakukan penyesuaian untuk memberi jalan bagi kepentingan SEA Games dan Piala AFF. Jika klub tidak melepas pemain, FAT memahami karena ada kompetisi yang dijalani. Pemain juga punya peluang tinggi mengalami cedera, sementara klub sudah membayar gaji tinggi, tapi bisa kehilangan jasa pemain."