BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam U-16, pada Laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) pukul 20.00 malam WIB.

Jelang laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menegaskan anak-anak asuhnya pantang jemawa. Pasalnya, Skuat Garuda Muda pernah mengalahkan Vietnam 2-1, pada babak penyisihan Grup A. Apalagi saat itu, Timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal lebih dahulu sebelum menang.

"Kami memang sudah mengalahkan mereka, tetapi itu itu tidak menjadi patokan. Vietnam tim yang bagus, tetapi kami tetap optimistis di final. Jadi sekali lagi saya tekankan di sini, kami tidak boleh menganggap pertandingan besok akan mudah, walau kami sempat mengalahkan mereka 2-1 di penyisihan grup," kata Bima Sakti, dalam konferensi pers, Kamis (11/8).

"Malah, kami mesti lebih bekerja keras dan fokus menit permenit. Kemudian, kami harus mengurangi kesalahan-kesalahan," tambah legenda Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga:

PSSI Undang Orang Tua Pemain Timnas U-16 Tonton Final Piala AFF U-16

Andai Juara, Timnas U-16 Akan Berikan Kado Terindah untuk HUT ke-77 Republik Indonesia

Untuk itu, Bima Sakti mengatakan, seluruh pemain sudah siap tempur melawan Vietnam.

"Kami sudah menyiapkan taktik tentunya untuk meredam permainan mereka. Pasti mereka juga tidak ingin kalah lagi. Maka dari itu, kami harus lebih fokus, dan bekerja keras serta militan daripada Vietnam," kata eks pemain PSM Makassar tersebut.

"Saat ini pemain dalam kondisi yang sangat baik, tidak ada yang mengalami cedera, kami tadi berlatih ringan dan memulihkan kondisi pemain, agar mereka lebih siap di partai final nanti," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 lolos ke final usai menyingkirkan Myanmar U-16 melalui adu tendangan penalti 5-4 (1-1). Sedangkan Vietnam ke final setelah mengalahkan Thailand U-16 2-0.

Vietnam bersama Thailand menjadi tim tersukses di Piala AFF U-16 dengan tiga gelar juara. Adapun Timnas Indonesia U-16 baru sekali keluar sebagai kampiun, yaitu pada tahun 2018 di Sidoarjo, Jawa Timur.