Timnas U-19 Sekarang Lebih Bagus ketimbang Era Pratama Arhan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 13 Maret 2022
Timnas U-19 Sekarang Lebih Bagus ketimbang Era Pratama Arhan
Hujan deras membuat laga Timnas Indonesia U-18 kontra Alanyaspor U-18 hanya berlangsung hingga menit 50. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan Timnas Indonesia U-19 saat ini lebih bagu ketimbang era Pratama Arhan. Menurutnya, ini berdasarkan laporan tim pelatih dan bidang kesekjenan PSSI.

Dua tahun lalu, PSSI mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Nama-nama seperti Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Irfan Jauhari, hingga David Maulana menghiasi Skuat Garuda Muda. Bahkan, Timnas Indonesia U-19 saat itu menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Sayang, semuanya batal tampil karena Piala Dunia U-20 diundur dua tahun kemudian akibat pandem COVID-19. Rata-rata hampir 90 persen pemainnya sudah melebihi regulasi umur, sehingga batal tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Saat ini, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang membentuk Timnas Indonesia U-19 generasi baru. Rata-rata pemainnya merupakan hasil seleksi, dan beberapa jebolan Timnas Indonesia U-16 di bawah komando Bima Sakti. Nama-nama seperti Ronaldo Kwateh, Marselino Ferdinand, hingga Alfriyanto Nico menjadi andalan.

Baca Juga:

Kampung Halaman Shin Tae-yong Janjikan Pelayanan Terbaik untuk Timnas Indonesia U-19

Tim Pelatih Pastikan Lawan Timnas Indonesia U-19 Tidak Sembarangan

"Laporan dari kepelatihan dan kesekjenan, mohon maaf, kalian lebih bagus dari Timnas Indonesia U-19 sebelumnya," ujar Iriawan.

"Timnas Indonesia U-19 sebelumnya bukan jelek, tapi kalian rata-rata lebih bagus. Kalian harus lebih baik dan menampilkan yang terbaik," imbuh Iriawan.

Timnas Indonesia U-19 akan melakukan TC di Korea Selatan (Korsel). TC ini sebagai persiapan jangka panjang menuju Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani TC di Provinsi Gyeongsangbuk-do. Ada dua kota di Gyeongsangbuk-do yang dijadikan lokasi TC, yaitu Yeong-deok dan Daegu. TC di Yeong-deok akan berlangsung pada 13-24 Maret, sedangkan pemusatan latihan di Daegu bakal digelar pada 24 Maret sampai 15 April.

Di sana, Skuat Garuda Muda akan melakoni 9 laga uji coba, salah satunya dua kali melawan timnas Korsel U-19. Saat ini, Ronaldo Kwateh dkk. sedang menjalani karantina setibanya di Korsel.

Timnas Indonesia U-19 Pssi Mochamad Iriawan Break Dance Piala dunia u-20
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.964

Bagikan