BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) hampir pasti mengubur rencana persiapan Timnas Vietnam. Hal ini menyusul keputusan FIFA dan AFC menjadwal ulang laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Dalam lamannya, AFC mengumumkan pada Rabu (12/8) siang bahwa pertandingan pada Oktober dan November dijadwal ulang ke 2021. Ini merupakan perubahan kedua kalinya.

Semula laga sisa kualifikasi dijadwalkan Maret dan Juni. Namun diubah ke Oktober dan November pasca pandemi virus corona (COVID-19).

Keputusan FIFA dan AFC terkait situasi COVID-19 yang saat ini masih melanda banyak negara. FIFA dan AFC merasa perlu untuk menjaga kesehatan dan keselamatan banyak pihak.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Urung Tanding Oktober dan November, Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Mundur ke 2021

Alasan Shin Tae-yong Panggil Elkan Baggott dan Empat Debutan Timnas Indonesia

"Berdasarkan keputusan FIFA dan AFC, yang menjadwal ulang kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadi 2021, VFF melakukan pertemuan dengan pelatih Park Hang-seo dan sepakat untuk menyesuaikan rencana fokus tim nasional agar sesuai dengan situasi," tulis VFF.

"Oleh karena itu, timnas akan fokus pada waktu yang tepat di periode akhir 2020, memastikan kondisi yang menguntungkan bagi para pemain untuk berkompetisi di turnamen profesional nasional, sekaligus memastikan kerja standar. Mengkhususkan diri pada misi pada tahun 2021," sambung VFF.

Rencana awal Timnas Vietnam dipersiapkan lagi mulai 18 Agustus. Sebanyak 36 pemain dipanggil, beberapa jam sebelum FIFA dan AFC memutuskan menjadwal ulang partai kualifikasi.

Keputusan FIFA dan AFC sekaligus membuat Vietnam tak punya agenda lagi hingga tahun berakhir. Sebelumnya, ajang bergengsi di Asia Tenggara Piala AFF untuk edisi 2020 digeser ke 2021.

Sementara itu, VFF memastikan pembentukan skuat SEA Games 2021 berjalan. Para pemain akan menjalani persiapan 16 sampai 28 Agustus.