Timnya Jadi 'Korban' VAR, Pelatih Australia Kecam Wasit

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 16 Juni 2018
Timnya Jadi 'Korban' VAR, Pelatih Australia Kecam Wasit
Timnas Australia usai laga melawan Prancis. (socceroos.com.au)

BolaSkor.com - Pelatih Australia Bert van Marwijk mengecam wasit Andres Cunha setelah timnya kalah 1-2 dari Prancis pada laga Grup C di Kazan Arena, Sabtu (16/6).

Pada laga ini, gawang Australia kebobolan satu gol lewat titik penalti yang merupakan hasil digunakannya video bantuan wasit alias VAR.

Penyerang Prancis Antoine Griezmann sukses menjadi eksekutor penalti. Griezmann pun mencetak penalti pertama yang dibantu VAR dalam sejarah Piala Dunia.

Meski kapten Australia Mile Jedinak menyamakan kedudukan sekitar empat menit kemudian, juga lewat titik penalti, Australia harus rela gagal meraih poin menyusul gol yang dibuat Paul Pogba.

Usai laga, Van Marwijk memuji keberanian anak asuhnya. Namun, dia tak bisa menutup kekecewaanya terhadap wasit Cunha.

"Saya berharap, mungkin suatu saat akan ada seorang wasit yang jujur. Pada momen itu, dia tidak pergi ke layar video," kata pelatih asal Belanda itu.

"Saya melihat dia berdiri di sana. Bahasa tubuhnya menunjukkan dia tidak tahu. Dan kemudian dia harus mengambil keputusan - Prancis atau Australia."

"Dia berdiri sangat dekat dengan momen penalti, dan dia berkata play on," ujar Van Marwijk.

Van Marwijk mengatakan wasit, Andres Cunha dari Uruguay, awalnya memutuskan untuk membiarkan bermain terus.

"Dia langsung berkata permainan berlanjut. Dia juga seorang manusia. Semua orang membuat kesalahan, tetapi ketika Anda 100 persen pasti itu bukan hukuman, namun kemudian berubah menjadi ragu. Anda harus bertanya kepadanya," kata Van Marwijk lagi.

Piala Dunia 2018 Socceroos Bert van marwijk
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan