BolaSkor.com – Timnas Filipina melanjutkan momentum kemenangan mereka di laga ketiga grup B Piala AFF 2018. Usai menang 1-0 melawan Singapura, The Azkals menang 3-2 melawan Timor Leste di Stadion Kuala Lumpur, Sabtu (17/11) malam WIB.

Atas hasil itu, Filipina dan Thailand kini bercokol di urutan satu-dua klasemen grup B dengan raihan poin yang sama: enam poin. Keduanya juga masih memainkan satu laga lebih sedikit dan akan saling bentrok di laga keempat yang berlangsung di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11).

Sven-Goran Eriksson, pelatih Filipina, merotasi skuatnya di laga ini. Manuel Ott dan Luke Woodland cedera. Sementara Neil Etheridge dicadangkan Eriksson. Tempatnya sebagai penjaga gawang Filipina digantikan oleh Michael Falkesgaard.

Mendominasi penguasaan bola sejak awal laga, Filipina mampu mencuri keunggulan di menit 27. Phil Younghusband menyempurnakan laga ke-100 dengan Filipina dengan sepakan yang dilancarkannya dari luar kotak penalti dan berbuah gol. 1-0 untuk Filipina.

Momentum berlanjut hingga Filipina mampu menggandakan keunggulan di menit 33. Kali ini, giliran Martin Steuble yang mencetak gol dan lagi-lagi, melalui sepakan dari luar kotak penalti. 2-0 Filipina menjauh.

Timor Leste coba membalas. Namun, tim arahan Norio Tsukitate kesulitan mengembangkan permainan mereka di babak pertama ini. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Filipina tampak sudah mengunci kemenangan melalui gol ketiga yang diciptakan Carli de Murga di menit 68. De Murga menempatkan posisi dengan baik ketika menyambar umpan silang rekan setimnya. 3-0 Filipina kini memimpin jauh.

Akan tapi, Filipina melakukan kesalahan dengan mengendurkan permainan mereka, hingga Timor Leste mampu memaksimalkannya melalui dua gol cepat yang tercipta dalam kurun waktu dua menit, yakni dari menit 73 hingga 75.

Gol pertama diciptakan kapten tim, Nataniel Reis, dari titik putih. Sementara gol kedua dilesakkan Joao Pedro yang menyambut umpan terobosan dari rekan setimnya, onside, mengelabui kiper Filipina dan mencetak gol kedua Timor Leste.

Kebangkitan Timor Leste itu sempat membuat Filipina kalang kabut. Pasca gol kedua Timor Leste itu, Filipina coba memperlambat tempo bermain ketika mengontrol bola dan mempertahankan keunggulan. Taktik itu berhasil mereka lakukan. Filipina menang 3-2.

Pasca laga, Eriksson sangat kesal dengan performa timnya di babak kedua dan mengharapkan adanya perkembangan di pertandingan berikutnya.

“Hasil ini penting, tapi kami harus berkembang jika ingin melaju ke fase berikutnya. Babak kedua tidak berjalan dengan baik untuk kami,” ucap Eriksson.

Di dua laga terakhirnya, Filipina akan melawan Thailand (21/11) dan Indonesia (25/11).

Susunan Pemain:

Timor Leste (4-4-2): Aderito Fernandes; Yohanes Gusmao, Junior Da Costa, Ricky, Candido Monteiro (Feliciano Goncalves); Joao Pedro, Nataniel Reis, Adelino Trindade, Domingos Ramos Freitas (Henrique Cruz); Rufino Gama, Nelson Sarmento Viegas

Pelatih: Norio Tsukitate

Filipina (4-4-2): Michael Falkesgaard; Daisuke Sato, Paul Mulders, Carli de Murga, Kevin Ingreso; Stephan Schrock (Iain Ramsay), Martin Steuble, John-Patrick Strauss (Adam Reed), James Younghusband (Curt-Jordan Dizon); Phillip Younghusband, Patrick Reichelt

Pelatih: Sven-Goran Eriksson