Tips Belajar Efektif 3 Remaja Putri Berprestasi Indonesia

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Minggu, 05 Agustus 2018
Tips Belajar Efektif 3 Remaja Putri Berprestasi Indonesia
Remaja Putri Berprestasi. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Tiga remaja putri Indonesia, Putri Aimee Srijaya, Nadya Annabelle Lumy, dan Erin Michelle, meraih prestasi pada ajang adu cerdas internasional, World Scholar's Cup 2018. Ketiganya pun berbagi tips untuk belajar efektif.

Putri, Nadya, dan Erin mewakili tim dari Sekolah Tinggi Nasional Jakarta. Ketiganya menang pada tingkat nasional dan menjadi wakil Indonesia pada tingkat yang lebih tinggi.

Ketiga remaja putri tersebut tampil membanggakan pada tingkat internasional yang berlangsung di Barcelona tersebut. Mereka memenangi tiga trofi dan 38 medali untuk Indonesia.

Menurut ibunda Putri, ketiganya telah berlatih selama satu tahun. Bahkan, ketiga remaja cantik tersebut mempelajari materi yang belum diterima anak-anak seusianya.

Ketika ditemui BolaSkor.com, Putri, Nadya, dan Erin mengungkapkan tips belajar mereka. Menurut ketiganya, belajar paling efektif adalah pada pagi hari.

"Tips belajar dari kami, jangan belajar sampe larut malam. Kami biasa belajar saat bangun pagi. Daripada tidur malam, lebih baik bangun lebih pagi. Biasanya, kami belajar mulai pukul 4 WIB hingga 6.30 WIB," ungkap Putri.

"Lebih baik belajar pada pagi hari dibandingkan malam. Saat malam hari, tidak bisa fokus karena sudah mengantuk. Bagi murid-murid seperti kami, sebaiknya belajar pada pagi hari. Kalau belajar terlalu malam, paginya bangun tidak segar dan tidak fokus sekolah," imbuh Nadya.

Menurut Putri, mereka dibantu dengan teknologi dalam belajar. Hal itu karena belajar lewat buku terlalu tebal dan membosankan, juga boros kertas.

"Kami dibantu teknologi dalam belajar karena terlalu tebal bila menggunakan buku, jadi kami belajarnya dari laptop. Kami menyelusuri internet untuk mencari jawaban dari topik yang diberikan untuk World Scholarship's Cup 2018," tutur Putri.

"Kami hanya diberi topik dan kurikulum dan harus mempelajarinya. Kami mengumpulkan semua itu pada Google Drive. Lewat situ, kami dapat membagi materi kepada teman-teman lain," lanjutnya.

Sementara itu, Nadya mengungkapkan mereka kadang menyelingi belajar dengan bermain handphone. Dia juga mengaku lebih suka belajar dibandingkan bermain dengan teman-teman sebayanya.

"Terkadang, di sela waktu belajar kami juga main media sosial seperti anak-anak lain. Dalam satu hari, kami belajar sampai pukul 22 atau 23 WIB," kata Nadya.

"Kami main di sekolah, terkadang sambil belajar juga main handphone. Kami lebih suka belajar dibandingkan kumpul dengan teman-teman," Nadya melanjutkan.

Remaja Putri Berprestasi Pelajar
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan