BolaSkor.com - Pebulu tangkis Indonesia, Melati Daeva Oktavianti, memberikan tips untuk tetap bugar meski harus berada di rumah di tengah ancaman virus corona. Selain menjaga makanan dan berolahraga, Melati menyarankan setiap orang untuk menjaga kebersihan.

Dalam beberapa hari terakhir, ancaman virus corona semakin tidak terkendali di seluruh dunia. Dari sekitar 1,5 juta jiwa yang terjangkit virus tersebut, 77 ribu di antaranya meninggal dunia.

Di Indonesia sendiri kondisi tidak terlalu berbeda dengan lebih dari 3000 jiwa terjangkit virus yang dikenal dengan nama lain COVID-19 itu. Bahkan angka kematian di Indonesia sudah hampir menyentuh angka 300 jiwa.

Kondisi tersebut membuat penduduk dunia, termasuk Indonesia harus menjaga kondisi tubuhnya. Apalagi bagi seorang atlet seperti Melati. Mel, demikian dia biasa dipanggil, menjalani masa karantina di Pelatnas PBSI. Ketika dihubungi BolaSkor.com, Melati pun membagikan pengalamannya.

“Saat ini saya di Pelatnas. Instruksi khusus sih tidak ada, Cuma ya harus mengikuti peraturan. Maksudnya ya social distancing, rajin cuci tangan, dan jaga kebersihan. Juga minum vitamin, makan sehat, tetap olahraga, dan sebagainya,” tutur Melati.

Baca Juga:

Tips Fajar Alfian Hadapi Virus Corona, Olahraga di Rumah dan Jaga Kebugaran

Jalani Karantina Mandiri, Fajar Alfian Mulai Jenuh

“Saya sebisa mungkin harus menjaga kesehatan, jangan sampai sakit deh. Kalau makan seperti biasa, vitamin juga dikasih ke masing-masing atlet. Untuk ganda campuran kan kebetulan ada pelatih di asrama, jadi tetap latihan. Kami juga dapat program latihan fisik lewat grup,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Melati juga meminta orang-orang untuk tetap di rumah dan mengisolasi diri. Menurut pasangan Praveen Jordan itu, dengan melakukan hal tersebut bisa meminimalisir penularan virus corona.

“Saran saya lebih baik di rumah saja, dan menjaga kesehatan. Itu yang paling penting. Makan juga yang sehat, sering cuci tangan, dan olahraga kecil setiap hari. Kalau kita sehat dan mengisolasi diri, InsyaAllah meminimalisir kemungkinan menular atau tertular,” imbau Melati.

“Dengan demikian, kita juga bisa mencegah penyebaran virus corona. Kita semua pasti bisa melawan COVID-19, semangat semuanya! Soal olahraga, kalau bisa sih ya jogging di pagi hari sekalian berjemur matahari atau bisa juga memakai aplikasi. Pokoknya olahraga kecil apa yang bisa dilakukan di rumah,” pungkasnya.

Melati Daeva Oktavianti dan pasangannya, Praveen Jordan, merupakan ganda campuran Indonesia dengan ranking BWF tertinggi saat ini, empat. Keduanya juga menyabet gelar bergengsi, All England 2020.