Tipuan Azpilicueta Bantu Chelsea Juarai Piala Dunia Antarklub

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 13 Februari 2022
Tipuan Azpilicueta Bantu Chelsea Juarai Piala Dunia Antarklub
Chelsea juara Piala Dunia Antarklub 2021. (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia Antarklub 2021. Kesuksesan ini mungkin tak akan diraih The Blues tanpa sebuah tipuan cerdik yang dilakukan Cesar Azpilicueta.

Chelsea mampu mengalahkan Palmeiras dengan skor 2-1 pada laga final yang berlangsung di Mohammed Bin Zayed Stadium, Sabtu (12/2). Kedua tim harus bertarung selama 120 menit.

Dual juara Eropa dan Amerika Latin tersebut memang berlangsung sengit. Chelsea yang unggul kualitas pemain mendominasi, tetapi Palmeiras menebar ancaman lewat serangan balik.

Baca Juga:

Chelsea 2-1 Palmeiras: The Blues Juara Piala Dunia Antarklub 2021

Jadi Pahlawan Kemenangan Chelsea, Kai Havertz Samai Rekor Lionel Messi

Thomas Tuchel Persembahkan Trofi Piala Dunia Antarklub untuk Satu Sosok Spesial

Chelsea akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat sundulan Romelu Lukaku pada menit ke-54. Namun Palmeiras hanya butuh waktu sepuluh menit untuk menyamakan kedudukan melalui penalti Raphael Veiga.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Laga terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu untuk menentukan pemenangnya.

Dewi fortuna seolah berpihak kepada Chelsea setelah wasit menunjuk titik putih lima menit sebelum laga diakhiri melalui adu penalti. Lewat bantuan VAR, pemain Palmeiras terbukti melakukan handball di kotak terlarang.

Pada momen inilah tipuan cerdas dilakukan Azpilicueta terjadi. Ia seolah-seolah mengambil tanggung jawab untuk menjadi eksekutor penalti.

Hal itu tak lepas dengan tidak adanya Jorginho dan Lukaku di lapangan selaku dua eksekutor utama. Azpilicueta langsung mengambil bola dan bersiap di dekat titik penalti.

Momen tipuan Cesar Azpilicueta.

Azpilicueta pun mendapat teror dari para pemain Palmeiras. Mereka coba mengganggu konsentrasinya.

Namun setelah para pemain Palmeiras meninggalkan kotak penalti, Azpilicueta memberikan bola kepada Kai Havertz. Pemain berkebangsaan Jerman itu ternyata maju sebagai eksekutor dan dengan tenang mencetak gol kemenangan.

Usai laga, Azpilicueta mengakui tindakannya tersebut sudah direncanakan. Ia sudah memprediksi para pemain Palmeiras akan mencoba melakukan provokasi dan mengganggu eksekutor penalti Chelsea pada momen krusial tersebut.

“Itu adalah taktik karena saya tahu bagaimana mereka akan mendatangi eksekutor penalti. Jadi saya mengambil bola,” kata Azpilicueta di situs resmi klub.

“Saya menunggu dan mendengarkan semua yang dikatakan pemain mereka. Saya pikir (taktik itu) berhasil dan itu merupakan hal terpenting.”

Havertz ternyata sudah diberi mandat sebagai eksekutor penalti ketiga Chelsea setelah Jorginho dan Lukaku. Azpilicueta tak ragu rekan setimnya tersebut bisa menjalani tugasnya dengan baik.

"Kai tahu bahwa dia akan menembak jadi itu untuk melepaskan tekanan darinya. Itu adalah momen yang menentukan dan Kai adalah salah satu penendang penalti terbaik," tutupnya.

Chelsea Piala dunia antarklub Cesar Azpilicueta Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan