BolaSkor.com - Aura negatif di Barcelona masih terus berlanjut dari inkonsistensi bermain mereka. Teranyar Blaugrana menelan kekalahan di pekan 10 LaLiga melawan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, Minggu (22/11) dini hari WIB.

Atletico mencatatkan sembilan percobaan tendangan, dengan penguasaan bola 45 persen, dan hanya melepaskan dua tendangan tepat sasaran. Akan tapi dari dua tendangan itu berbuah satu gol melalui gol Yannick Carrasco di menit 45+3.

Barca punya penguasaan bola 55 persen dengan catatan 13 tendangan dan empat tepat sasaran, namun tidak ada satu pun yang mampu mengoyak jala gawang yang dijaga Jan Oblak. Atletico naik ke peringkat dua dengan raihan 20 poin dari delapan laga, sementara Barca juga dengan delapan laga di urutan 10 dengan raihan 11 poin.

Kekalahan itu bertambah parah dengan cederanya Gerard Pique dan Sergio Roberto, selain itu dari data yang dimuat Opta 11 poin itu menjadi titik nadir Barcelona di LaLiga. Itu catatan poin terparah dari delapan laga sejak musim 1991-1992.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga Eropa: Barcelona dan Man City Kalah, MU Menang Tipis

Sang Paman Sindir Messi, Mobil Griezmann Dikepung Suporter Barcelona

Lionel Messi Sudah Lelah Ada di Barcelona

Atletico Madrid 1-0 Barcelona

"Kami tahu hal ini bisa terjadi kepada kami, kami harus terus berkembang. LaLiga masih panjang dan saya pikir kami bisa bersaing," yakin pemain Barcelona, Pedri selepas laga tersebut.

Ronald Koeman pun sadar kekalahan itu menjadi tanggung jawabnya dan tidak menyalahkan para pemain yang telah mengerahkan segalanya.

"Seperti pelatih mana pun, saya bertanggung jawab. Kami tahu kami harus meningkatkan hasil dan menumbuhkan kepercayaan diri. Kami bekerja keras, kami harus meningkatkan banyak hal di pertahanan dan serangan," tambah Koeman.

"Saya mencoba untuk mengeluarkan tim terbaik yang kami miliki. Para pemain telah melakukan segalanya untuk mendapatkan hasil dan kami harus melanjutkan dengan cara itu. Saya tidak khawatir tentang liga, meski pun kami tahu kami perlu memenangkan pertandingan."

Berbanding terbalik dengan Barcelona yang tengah mengalami periode buruk, Atletico justru menjaga catatan tak terkalahkan di liga dan memiliki pertahanan terkuat (baru kebobolan dua gol). Catatan spesial juga dimiliki Diego Simeone.

Diego Simeone

Selama sembilan tahun membesut Atletico untuk kali pertama Cholo memenangi laga melawan Barcelona di LaLiga. Catatannya adalah: 18 kali melawan Barcelona, enam kali imbang, 11 kali kalah, sekali menang.

"Tim sedang bermain sangat baik sekarang," ucap Simeone. "Saya telah mengatakannya selama beberapa waktu dan itu memberi kami kepercayaan diri untuk terus bekerja keras."

"Ketika ada hubungan antara ide dan pekerjaan di tempat latihan dan eksekusi di lapangan, itu bagus. Para pemain ini memberikan segalanya untuk tim dan untuk satu sama lain."

“Sekarang kami perlu terus mengumpulkan energi ini dan bersaing dengan baik, karena kami memiliki pertandingan yang sangat penting pada hari Rabu (Liga Champions)," urai Simeone.