Tolak Lepas Pemain, Brasil Siap Tuntut Premier League ke FIFA

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 01 September 2021
Tolak Lepas Pemain, Brasil Siap Tuntut Premier League ke FIFA
Timnas Brasil (Twitter)

BolaSkor.com - Kebijakan klub-klub Premier League yang melarang pemainnya memenuhi panggilan timnas di negara zona merah membuat geram Brasil. Tim Samba terancam tampil pincang pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Brasil memiliki sembilan pemain kunci yang berkarier di Premier League. Mereka adalah Thiago Silva (Chelsea), Richardson (Everton), Raphinha (Leeds United), Alisson, Fabinho dan Roberto Firmino (Liverpool), Ederson dan Gabriel Jesus (Man City), serta Fred (Manchester United).

Mereka semua masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Timnas Brasil untuk melakoni tiga laga pada September ini. Selecao dijadwalkan menantang Chile, Argentina, dan Peru dalam dua pekan ke depan.

Baca Juga:

FIFA Minta Klub Izinkan Pemain Penuhi Panggilan Timnas

Larang Pemain ke Timnas, Klub Premier League Terancam Sanksi FIFA

Piala Dunia Akan Digelar Dua Tahun Sekali?

Timnas Brasil hanya diperkuat 22 pemain jelang melakoni lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun federasi sepak bola Brasil (CBF) harus menelan pil pahit karena klub-klub Premier League menolak melepas pemainnya. Itu membuat skuat asuhan Tite hanya tersisa 22 nama.

Jumlah tersebut tentu kurang ideal untuk melakoni tiga laga dengan jadwal yang padat. Padahal ini momen yang krusial karena tiket Piala Dunia menjadi pertaruhannya.

Wajar jika kemudian CBF ingin membawa kasus ini ke FIFA. Apalagi LaLiga dan Serie A yang sebelumnya juga menerapkan aturan ini melunak.

Penolakan klub-klub Premier League memang bisa berujung sanksi FIFA. Salah satunya yaitu larangan bermain selama lima hari untuk pemain yang tak dilepas ke timnas.

Namun ancaman tersebut tampaknya tidak membuat klub Premier League takut. Mereka justru bisa kehilangan pemainnya lebih lama jika melepas ke timnas karena mereka diwajibkan menjalani karantina selama 10 hari usai kembali ke Inggris.

Manuver Argentina

Brasil semakin gusar karena Argentina sukses memanggil empat pemainnya yang berkarier di Premier League. Keempat pemain yang dimaksud adalah Emiliano Martinez, Emiliano Buendia (Aston Villa), Cristian Romero dan Giovanni Lo Celso (Tottenham Hotspur).

Federasi sepak bola Argentina (AFA) memang lebih cermat melihat situasi ini. Mereka melakukan lobi khusus kepada Aston Villa dan Tottenham.

Salah satu tawaran yang membuat kedua klub melepas pemainnya adalah janji AFA untuk hanya memainkannya dalam dua laga awal. itu artinya, keempat pemain tersebut akan pulang sepekan sebelum lanjutan Premier League bergulir.

Ironisnya, salah satu lawan yang akan dihadapi Argentina pada dua laga awal adalah Brasil. Mereka pun akan tampil dengan kekuatan penuh kontra rival abadinya tersebut.

Saat ini, Brasil masih memuncaki klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. Dari enam laga, Neymar dan kawan-kawan menyapu bersih kemenangan sehingga mengemas 18 poin.

Argentina untuk sementara berada di peringkat kedua. Lionel Messi dan kawan-kawan tertinggal enam poin.

Timnas Brasil Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan