Tolak Liga Super Eropa, Klopp Salahkan UEFA dan FIFA

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 20 April 2021
Tolak Liga Super Eropa, Klopp Salahkan UEFA dan FIFA
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp secara tegas menolak rencana bergulirnya Liga Super Eropa. Namun ia juga menyalahkan FIFA dan UEFA sebagai salah satu penyebab munculnya polemik ini.

Ide bergulirnya Liga Super Eropa memang sudah terdengar sejak beberapa musim lalu. Namun Klopp dengan tegas menolak ide mempertemukan klub-klub besar secara rutin dalam kompetisi yang sama.

Ironisnya, Liverpool ternyata menjadi salah satu dari 12 pelopor munculnya Liga Super Eropa. Fakta tersebut tentu membuat Klopp tersudut.

Baca Juga:

Soal Liga Super Eropa, Klopp: Pelatih dan Pemain Tidak Dilibatkan

Sanksi Berat Menanti Pemain-pemain yang Berpartisipasi di Liga Super Eropa

Liga Super Eropa Dibentuk, Presiden UEFA Umumkan Format Baru Liga Champions

Pemain Leeds United memakai kaos bertuliskan pesan sindiran untuk Liverpool saat pemanasan.

Klopp bahkan harus menerima kenyataan skuatnya dicaci hingga disindir oleh suporter dan para pemain Leeds United jelang melakoni lanjutan Premier League 2020-2021. Pertandingan ini memang digelar tepat satu hari usai diperkenalkannya Liga Super Eropa.

Perlakuan kubu Leeds itu nyatanya membuat Klopp kecewa. Ia seolah dihakimi karena perbuatan yang dilakukan orang lain.

"Saya sudah mengatakan begitu banyak hal sekarang. Kami tidak terlibat dalam proses tersebut. Kami adalah tim, kami mengenakan seragam dengan bangga," kata Klopp kepada BBC usai Liverpool ditahan imbang Leeds.

"Kami adalah wajah klub dan fans Leeds meneriaki kami saat tiba di sini seolah-olah kami yang membuat keputusan. Padahal seseorang telah membuat keputusan dengan para pemilik klub di dunia sepak bola yang tidak kami lakukan."

"Klub ini lebih besar dari apa pun dan kita tidak boleh melupakan itu. Itulah sebabnya saya menerima kritik untuk semua yang saya tanggung tetapi saya dan tim tidak terlibat dalam proses ini," tambahnya.

Kritik UEFA dan FIFA

Klopp juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengkritik dua stakeholder sepak bola terbesar dunia, FIFA dan UEFA. Ia menilai adanya upaya pembangkangan menjadi bukti ada yang salah dengan kinerja kedua federasi tersebut.

Ia menyindir sikap UEFA dan FIFA yang seolah memperlakukan para pemain dan pelatih sebagai sapi perah. Hal itu dibuktikan dengan semakin padatnya jadwal pertandingan dalam satu musim.

"UEFA membuat keputusan tentang Liga Champions, mereka menunjukkan kepada saya akan ada lebih banyak pertandingan daripada sebelumnya. Saya katakan tidak suka tetapi mereka masih melakukannya," kata Klopp lagi.

"FIFA merencanakan (format baru) Piala Dunia Antarklub. Kapan kita memainkan pertandingan itu? Semua hal ini telah saya katakan cukup sering tetapi apakah itu mengubah sesuatu? Tidak. Itulah situasinya."

Jurgen Klopp Liverpool Liga Super Eropa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan