Top Skorer Piala AFF Sepanjang Masa

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Sabtu, 03 November 2018
Top Skorer Piala AFF Sepanjang Masa
Noh Alam Shah. (Instagram Noh Alam Shah).

BolaSkor.com - Bicara Piala AFF, turnamen antar-negara paling bergengsi se-Asia Tenggara, nama Thailand langsung teringat di kepala. Lewat prestasinya, negara berjuluk Gajah Putih ini sangat dominan.

Dari sebelas kali penyelenggaraan, Thailand lima kali menjadi yang terbaik. Mulai dari edisi pertama yaitu 1996, lalu 2000, 2002, 2014, dan terakhir 2016 lali.

Thailand juga lima kali menempatkan pemainnya bercokol sebagai top skorer turnamen. Natipong Sritong-In memulainya pada 1996 silam dengan tujuh golnya.

Woraawoot Srimaka kemudian bersejajar dengan bomber Timnas Indonesia, Gendut Doni, untuk menjadi pemain tersubur Piala AFF 2000 dengan lima gol. Teerasil Dangda juga harus puas berbagi tempat dengan Budi Sudarsono (Timnas Indonesia) dan Agu Casmir (Singapura) yang sama-sama mencetak empat gol untuk meraih sepatu emas edisi 2008 lalu.

Teerasil Dangda kembali memimpin daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF 2012 (5 gol) dan Piala AFF 2016 (6 gol). Meski begitu, namanya tidak tercantum ke dalam top skorer sepanjang sejarah turnamen dwi tahunan ini.

Adalah bomber Singapura, Noh Alam Shah, yang tercatat sebagai pemain tersubur dalam sebelas edisi Piala AFF. Mantan pemain Arema FC ini mampu membukukan 17 gol dalam lima edisi, yaitu 2002, 2004, 2007, 2008, dan 2010.

Pemain yang karib dipanggil Along itu hanya mencatatkan sebiji gol pada Piala AFF perdananya bersama Singapura, 2002 silam. Lalu, Along mengemas empat gol pada dua tahun berikutnya.

Along makin bertaji di Piala AFF 2007. Ketika itu, Along berhasil meraih gelar top skorer dengan sebelas gol.

Di Piala AFF 2008, pembendaharaan gol Along menurun drastis, hanya mampu mengoleksi satu gol. Pada Piala AFF terakhirnya bersama Singapura, 2010 lalu, Along mandul. Tidak ada gol yang bersumber darinya. Tapi, perolehan golnya dalam empat edisi telah mempu mengukuhkannya sebagai top skorer sepanjang masa Piala AFF.

Di bawah Along dalam perolehan gol Piala AFF sepanjang masa, berdiri duo Thailand, Teerasil Dangda dan Worrawoot Srimakan. Perolehan 15 gol keduanya disamai bomber Vietnam, Le Chong Vinh.

Adapun, Timnas Indonesia hanya mewakili Kurniawan Dwi Yulianto dalam empat teratas pemain tersubur di Piala AFF. Jumlah 13 golnya masih kalah dari Le Huynh Duc (Vietnam) yang mengoleksi 14 gol.

Rekor Along diprediksi tidak akan pecah menyambut Piala AFF 2018. Rekor 17 golnya masih sulit disamai pemain yang masih aktif bermain. Apalagi Teerasil Dangda selaku pesaing terdekatnya dipastikan bakal absen merumput bersama Thailand di Piala AFF tahun ini.

Noh Alam Shah Piala aff Piala AFF 2018 Timnas Indonesia
Posts

1.188

Bagikan