Tottenham 1-2 Juventus (Agg 3-4): Duet Maut Loloskan Si Nyonya Tua

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 08 Maret 2018
Tottenham 1-2 Juventus (Agg 3-4): Duet Maut Loloskan Si Nyonya Tua
Penyerang Juventus Paulo Dybala merayakan gol yang memenangkan Juventus atas Tottenham Hotspur. (uefa)

BolaSkor.com - Hasil gemilang dicatat Juventus saat tandang ke Stadion Wembley untuk menantang Tottenham Hotspur di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (8/3) dini hari WIB. Sang Nyonya Tua sukses mengalahkan tuan rumah 2-1 meski sempat tertinggal 0-1 di paruh pertama.

Hasil ini meloloskan Juventus ke perempat final Liga Champions dengan agregat 4-3. Dua gol Juventus dibuat Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala di babak kedua. Sedangkan gol Spurs disumbang Heung-Min Son.

Di awal laga kedua kubu bermain waspada. Alhasil sepuluh menit laga berjalan tanpa hiasan banyak peluang. Bola lebih banyak berada di sentral lapangan.

Namun lepas pertarungan ketat di awal laga, tuan rumah berhasil membuat peluang. Lewat mesin gol, Harry Kane Spurs hampir membobol gawang lawan pada menit ke-15. Menerima umpan terobosan Dele Alli, Kane menggiring bola dan menusuk ke kotak penalti.

Kane sudah berhasil melewati satu bek dan juga kiper Gianluigi Buffon. Saat tinggal menceploskan bola ke gawang kosong dari sudut sempit, Kane terlebih dulu kehilangan keseimbangan. Bola hasil sepakannya pun melebar dari gawang.

Selang lima menit kemudian, Son Heung Min menerima umpan silang yang dikirimkan dari sayap kanan dan menyundul bola hingga ke gawang. Namun Gianluigi Buffon masih mampu menepis bola.

Tuan rumah terus menekan dan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-21. Kali ini Harry Kane mencoba peruntungan dari luar kotak penalti. Tapi laju bola hasil tendangannya masih terlalu pelan dan dapat diamankan Buffon.

Kiper vetaran Italia, Buffon kembali beraksi pada menit ke-31. Kali ini, Buffon sukses mengagalkan sepakan Dele Alli dari luar kotak penalti.

Dominasi tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39. Umpan silang mendatar Kieran Trippier dari sayap kanan diterima Son Heung Min yang dengan tenang menyambar bola dan menggetarkan gawang Juventus. Skor berubah menjadi 1-0 dan tak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua kendali permainan masih dipegang tuan rumah. Beberapa peluang bisa dihasilkan Kane dan kawan-kawan. Namun, kesempatan yang bergantian didapat Kane, Dele Alli, dan Heung min Son selalu bisa dipatahkan, baik itu oleh barisan pertahanan maupun Buffon.

Pada menit ke-64, Juventus mampu menyamakan keadaan. Stephan Lichtsteiner melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang disambut tandukan Sami Khedira yang diarahkan kepada Gonzalo Higuain. Penyerang asal Argentina itupun dengan mudah mencocor bola melewati kiper Tottenham. Tuan rumah harus membayar mahal kelengahan barisan pertahanan yang seperti tertidur.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Juventus berbalik unggul. Kali ini Higuain menjadi arsitek gol yang dibuat Paulo Dybala. Lagi-lagi kurang sigapnya barisan Spurs mampu dimanfaatkan Juventus. Hanya dengan sebuah umpan terobosan dari Higuain, Dybala terlepas tanpa pengawalan dan akhirnya dengan tenang menempatkan bola ke sudut kanan gawang Hugo Lloris.

Skor berubah menjadi 1-2 dan agregat menjadi 3-4. Dalam posisi tertinggal Spurs giat memburu gol. Namun Tottenham selalu kesulitan menghadapi kokohnya pertahanan Juventus yang digalang Giorgio Chiellini.

Pada menit ke-83, Spurs nyaris menyakakan kedudukan. Namun upaya yang dilepaskan Son masih tipis di samping gawang Buffon. Hasil serupa didapatkan Christian Eriksen beberapa enit kemudian.

Saat waktu normal sudah menunjukkan angka 90, Tottenham kehilangan peluang terbaik mereka untuk menyamakan skor. Sebuah peluang emas terbuang setelah tandukan sang mesin gol Tottenham, Harry Kane hanya membentur tiang gawang. Itu merupakan peluang terakhir bagi Tottenham. Laga akhirnya selesai dengan kemenangan Juventus 2-1 sekaligus meloloskan wakil Italia ini ke babak perempat final.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 2-Kieran Trippier, 6-Davinson Sanchez, 5-Jan Vertonghen, 33-Ben Davies; 19-Mousa Dembele, 15-Eric Dier (11-Erik Lamela 74); 23-Christian Eriksen, 20-Dele Alli (18-Fernando Llorente 86), 7-Son Heung-Min; 10-Harry Kane.
Pelatih: Mauricio Pochettino

Juventus (4-3-3): 1-Gianluigi Buffon; 4-Medhi Benatia (26-Stephan Lichtsteiner 61), 3-Giorgio Chiellini, 15-Andrea Barzagli, 12-Alex Sandro; 6-Sami Khedira, 14-Blaise Matuidi (22-Kwadwo Asamoah 60), 5-Miralem Pjanic; 10-Paulo Dybala, 9-Gonzalo Higuain (27-Stefano Sturaro 83), 11-Douglas Costa.
Pelatih: Massimiliano Allegri

Liga Champions Juventus Tottenham Hotspur Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan