BolaSkor.com – Derby London akan terhampar di pekan 13 Premier League antara Tottenham Hotspur kontra Chelsea di Wembley, Minggu (25/11) pukul 00.30 WIB. Kedua tim sama-sama sedang ada dalam momentum bagus.

Tottenham hanya menelan satu kekalahan dari lima laga terakhir mereka di Premier League. Chelsea malah lebih bagus lagi: tidak terkalahkan di seluruh kompetisi musim ini. The Blues jadi satu-satunya klub di antara lima liga top Eropa yang belum pernah kalah.

Catatan itu bisa saja berlanjut saat melawan The Lilywhites. Ada faktor penunjang yang meningkatkan kans tim asuhan Maurizio Sarri untuk melalui Derby London tanpa menelan kekalahan.
Faktor itu bisa dilihat dari statistik yang dikeluarkan Opta.

Spurs tidak punya catatan bagus ketika memainkan Derby London dengan rasio kemenangan hanya mencapai 35,3 persen. Chelsea miliki persentase lebih besar sebesar 50,6 dan Arsenal yang terbaik dengan rasio 51,2 persen.

Wembley pun tidak bersahabat bagi Tottenham tiap kali menjamu Chelsea di sana. Selagi menanti renovasi White Hart Lane selesai, Tottenham menggunakan Wembley sebagai markas tim dari musim lalu.

Kedua tim sudah bertemu enam kali di Wembley dan Chelsea unggul melalui empat kemenangan, melebihi tim manapun yang mengalahkan lawannya di Wembley. Terlebih, Chelsea selalu menghadirkan kesulitan tinggi kepada Tottenham.

Chelsea sudah mencatatkan 21 clean sheets di Premier League melawan Spurs dan jadi catatan terbaik melawan tim lainnya. Secara rekor pertemuan, Chelsea jauh lebih dominan dari Tottenham.

Akan tapi, Tottenham punya segi keuntungan dari pertemuan terakhir mereka melawan Chelsea (masih diasuh Antonio Conte). Tottenham menang 3-1 atas Chelsea di Stamford Bridge pada April lalu.

Jika mampu mengalahkan Chelsea lagi nanti di Wembley, maka tim arahan Mauricio Pochettino akan memenangi laga dua kali beruntun atas Chelsea dan akan menjadi rekor tersendiri, setelah terakhir melakukannya pada Agustus 1987.

Terlebih, Tottenham juga punya catatan bagus tiap kali menjamu Chelsea di ajang Premier League. Chelsea hanya sanggup meraih dua kemenangan dari 12 laga tandang mereka melawan Tottenham di Premier League; lima kali imbang dan lima kali kalah.

Ditambah fakta bahwa kedua tim sama-sama mengusung sepak bola ofensif, bukan tidak mungkin pertandingan nanti akan berlangsung sengit, berpotensi menghadirkan jual beli serangan.