BolaSkor.com - Laga seru di pekan sembilan Premier League akan mempertemukan Tottenham Hotspur kontra Manchester City di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (22/11) pukul 00.30 WIB. Sorotan laga nanti tak lepas dari sosok beken dua manajer: Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

Rivalitas keduanya sudah terjadi jauh kala Mourinho melatih Chelsea dan Real Madrid, sementara Guardiola membesut Barcelona. Menilik data dari Opta laga nanti akan jadi pertemuan ke-24 Guardiola dengan manajer yang baru menjuluki dirinya sebagai The Experience One.

Lantas siapa pemenang dalam 23 pertemuan itu? Mourinho paling sering kalah sebanyak 10 kali dan hanya melawan Manuel Pellegrini Guardiola sering memenangi laga (12 kali). Kendati demikian catatan itu tak dapat menjadi tolok ukur laga nanti.

Jangan lupa Mourinho sudah memasuki musim keduanya melatih Tottenham sejak menggantikan Mauricio Pochettino. Kecuali dengan Manchester United, Mourinho selalu punya catatan manis di musim kedua yang biasanya berujung trofi.

Terlebih Tottenham telah memenangi dua laga kontra City di markas mereka dua kali beruntun di seluruh kompetisi. Musim lalu Tottenham arahan Mourinho juga menang dari City, namun Mourinho menuturkan perbedaan timnya musim lalu dengan saat ini.

Baca Juga:

3 Hal yang Bisa Diraih Guardiola hingga Akhir Kontrak

Mengintip Jadwal Dahsyat Tottenham Usai Jeda Timnas yang Bikin Mourinho Cemas

Menilik Posisi Finish Klub Eropa pada Musim Kedua di Bawah Arahan Jose Mourinho

Pep Guardiola dan Jose Mourinho

"Kami (Spurs) tim yang lebih baik, kami lebih percaya diri, identitas yang berbeda. Ketika kami melawan mereka musim lalu, kami hanya mencoba bertahan, mendapatkan poin untuk membawa kami ke arah yang memungkinkan kami finis empat atau enam besar untuk memberi kami sesuatu," ucap Mourinho dikutip dari Football.London.

Kesiapan Tottenham bersaing merebutkan titel Premier League musim ini bisa dilihat di posisi klasemen. Harry Kane dkk ada di urutan dua klasemen dengan koleksi 17 poin dari delapan laga, sementara City dengan satu laga lebih sedikit di urutan 10 dengan raihan 12 poin.

Laga nanti dinilai sebagai ujian bagi Spurs melawan City pernah memenangi Premier League, namun Mourinho tidak menganggapnya demikian.

"Hasil pertandingan tidak akan mengubah apapun, hanya tiga poin lebih atau tiga poin kurang. Dan menjadi yang pertama, kedua, ketiga atau keempat kelima atau keenam dalam tabel. Tetapi dalam hal perjalanan, ambisi kami, proyek kami, proses kami, itu tidak akan berubah," tegas Mourinho.

Sementara Pep Guardiola tanpa menahan ucapannya meyakini Tottenham sebagai kandidat kuat juara Premier League musim ini. Alasannya karena Tottenham semakin kuat dari tim yang sudah bagus di bawah besutan Mauricio Pochettino.

"Dia (Mourinho) melakukannya dengan sangat baik, seperti biasa di semua klub (yang dilatih Mourinho dan sukses)," kata Guardiola.

"Angka-angka berbicara sendiri. Mereka kehilangan poin melawan West Ham dan Newcastle di menit terakhir - bayangkan poin jika mereka tidak melakukannya."

"Mereka adalah pesaing. Kualitas yang mereka miliki selalu ada. Mereka lolos ke Liga Champions selama empat atau lima tahun dan mencapai final. Mereka telah menjadi tim yang bagus sejak Pochettino mengambil alih. Itu adalah skuad yang fantastis."

Tottenham dan Man City sama-sama sudah kebobolan sembilan gol, tetapi Tottenham memiliki jumlah gol lebih tinggi sebanyak 19 berbanding 10 Man City. Tak ayal laga nanti akan memperlihatkan tim mana yang paling tajam.

Tottenham memiliki duet Harry Kane dan Son Heung-min yang tengah dalam momentum bagus, sementara City memiliki barisan trisula ofensif seperti Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, dan Raheem Sterling.

Man City selayaknya mewaspadai Spurs yang mengalahkan rival sekota City, Manchester United dengan skor 6-1 di Old Trafford beberapa waktu lalu.

Prakiraan Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Sergio Reguilon, Eric Dier, Toby Alderweireld, Serge Aurier; Pierre-Emile Hojbjerg, Moussa Sissoko, Son Heung-min, Giovani Lo Celso, Gareth Bale; Harry Kane

Manajer: Jose Mourinho

Manchester City (4-3-3): Ederson; Joao Cancelo, Aymeric Laporte, Ruben Dias, Kyle Walker; Ilkay Gundogan, Rodri, Kevin De Bruyne; Phil Foden, Gabriel Jesus, Ferran Torres

Manajer: Pep Guardiola

Prediksi: Tottenham 50-50 Manchester City