Tragedi Kanjuruhan Harus Jadi Momen Perbaikan Bukan Saling Menjatuhkan

BolaSkorBolaSkor - Jumat, 14 Oktober 2022
Tragedi Kanjuruhan Harus Jadi Momen Perbaikan Bukan Saling Menjatuhkan
Bunga di Gate 13 sebagai wujud mengenang korban Tragedi Kanjuruhan. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Tragedi Kanjuruhan yang memakan 132 korban meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka seharusnya dijadikan momentum berbagai pihak untuk bersatu bukan saling menjatuhkan.

Hal ini disampaikan salah satu tokoh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH M Syarbani Haira.

Menurut dia, dinamika yang terjadi pasca Tragedi Kanjuruhan sudah terlalu melebar kemana-mana, termasuk adanya tuntutan terhadap Mochamad Iriawan untuk menanggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Menurutnya, ketimbang saling menyalahkan dan menjatuhkan, ada baiknya berbagai pihak ini saling introspeksi dan menjadikan Tragedi Kanjuruhan sebagai momentum perbaikan sepak bola nasional yang dilakukan bersama-sama.

"Misalnya katakan pergantian pengurus PSSI, mungkin itu tidak relevan. Jadi yang paling mungkin hari ini kesepakatan bersama untuk mereka-mereka yang peduli dengan dunia bola untuk menjadikan ini titik awal menata ulang," katanya.

Kyai Sarbani juga menilai bahwa bukan hanya PSSI yang harus berbenah. Tapi semua unsur yang terlibat dalam sepak bola, termasuk para suporter juga harus memperbaiki diri.

"Semua harus diatur, bagaimana bisa melibatkan orang yang berpengaruh. Ini pasti akan berhasil," ujarnya.

Seperti diketahui kericuhan terjadi usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam WIB.

Para suporter yang turun ke lapangan untuk memberikan semangat kepada para pemain Arema FC yang baru dikalahkan Persebaya justru dipukul mundur oleh kepolisian menggunakan gas air mata.

Tembakan gas air mata inilah yang memicu kepanikan para suporter yang membuat terjadinya penumpukan massa di sejumlah pintu keluar sehingga banyak yang harus meregang nyawa dan luka-luka.

Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan