Transfer Liga 1 Masih Buka, Skuat Persebaya Ditegaskan Sudah Komplet

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 06 September 2021
Transfer Liga 1 Masih Buka, Skuat Persebaya Ditegaskan Sudah Komplet
Pemain muda Persebaya Surabaya Akbar Firmansyah mencicipi laga profesional pertamanya di Liga 1 2021/2022. (Media Persebaya)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya tidak akan menambah pemain walau dihantam krisis pemain. Mereka yang tampil dengan skuad lokal melalui pertandingan pertama Liga 1 2021/2022 dengan hasil minor.

Persebaya harus menelan kekalahan 1-3 dari Borneo FC di Stadion Wibawa Mukti kemarin malam. Persebaya memang 'terpaksa' menurunkan skuad lokal dengan dominasi pemain muda yang masih minim pengalaman.

Starter yang diturunkan bahkan rata-rata berusia 22,72 tahun. Setidaknya ada tiga pemain yang baru mencicipi Liga 1 alias debut laga profesional. Ernando Ari Sutaryadi, Frank Rikhard Sokoy, Akbar Firmansyah dan Arizky Wahyu Satriya.

Demam panggung nampak menghinggapi pasukan muda Bajol Ijo. Hal itu terlihat dari gol cepat pada masing-masing babak yang menggetarkan gawang Persebaya.

Baca Juga:

Soal Kartu Merah, Pelatih Arema FC Berpikir Objektif

Imbang Lawan PSM dengan 10 Orang, Perjuangan Arema FC Luar Biasa

Meski begitu, tim kebanggaan Bonek tersebut tidak akan memanfaatkan bursa transfer pemain Liga 1 musim ini yang akan berakhir 10 September mendatang. Pelatih Persebaya Aji Santoso menilai komposisi pemainnya sudah ideal.

"Tidak. Saya sudah sampaikan, pemain kami cukup. Empat pemain asing dan Marselino (Ferdinan) yang tidak bisa main. Menurut saya tidak perlu menambah. Ini (pertandingan) perdana, masih ada 33 pertandingan. Kami tidak perlu menambah pemain," ujarnya.

Tim asal Kota Pahlawan ini memang belum dapat menurunkan empat pemain asingnya karena terkendala regulasi vaksin. Meski belum benar-benar diketahui bagaimana kualitas Alie Sesay, Taisei Marukawa, Bruno Moreira Soares dan Jose Wilkson Teixeira Rocha, tapi Persebaya sepertinya sangat membutuhkan tenaga mereka. Lagi pula, dalam beberapa latihan bersama, Alie Sesay, Taisei dan Jose Wilkson seperti sudah menjadi kerangka utama tim. Pun demikian dengan Bruno yang mulai onfire selepas kondisi fisiknya membaik.

Aji tampaknya masih akan memberi kepercayaan kepada para pemain-pemain mudanya. Meski harus mengakui pengalaman pemain dalam efektifitas permainan dan dalam mengelola mental menghadapi pressure masih kurang.

"Memang pertandingan pertama (kemarin) cukup sulit karena pemain harus beradaptasi apalagi sudah lama tidak berkompetisi. Jadi saya tetap mengapresiasi pemain-pemain muda yang tampil. Mereka perlu beradaptasi di kompetisi," tegas pelatih 51 tahun ini.

Ketersediaan pemain yang mayoritas masih berusia muda memang agak menyulitkan Aji. Apalagi belum ada titik terang kapan para pemain asing akan bisa memperkuat Persebaya. Kalau tidak ada perubahan, 7 hingga 9 pertandingan lagi baru akan bisa melihat aksi mereka. Namun bukan alasan, toh pemain-pemain tersebut adalah pilihannya. Jadi apapun kondisinya, Persebaya harus siap menghadapi laga kedua melawan PS Tira Persikabo, 11 September mendatang. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan