Trio Firmansah Tak Tergantikan di Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 11 Maret 2023
Trio Firmansah Tak Tergantikan di Liverpool
Trio Firmansah Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Kepergian Roberto Firmino di akhir musim 2022-2023 semakin menegaskan akhir bagi trisula maut, serta salah satu yang terbaik dalam sejarah Liverpool, yakni trio Firmansah: Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Mane sudah terlebih dahulu pergi dari Anfield pada musim panas 2022 ke Bayern Munchen, sementara Firmino kontraknya berakhir di akhir musim ini dan dia serta Liverpool sepakat untuk berpisah dengan baik. Kini hanya Mo Salah yang tersisa.

Liverpool tetap berusaha menjaga kekuatan trio penyerang mereka dengan taktik 4-3-3 andalan Jurgen Klopp. Di depan masih ada Luis Diaz dan Diogo Jota, dan kini sudah ada dua tambahan nama lainnya yakni Cody Gakpo dan Darwin Nunez.

Ketiganya mulai terlihat padu kala Liverpool menghancurkan Manchester United dengan skor 7-0. Mo Salah, Nunez, dan Gakpo mencetak masing-masing dua gol di laga itu dan satu gol lainnya dicetak Firmino.

Baca Juga:

Melawan Kebiasaan, Jurgen Klopp Turut Senang Marcus Rashford Tampil Gemilang

Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim, Roberto Firmino Buat Keputusan Tepat

Jurgen Klopp Beri Kode Liverpool Akan Belanja Banyak Pemain

Kepergian Roberto Firmino Jadi Penanda Akhir Era di Liverpool

Kendati demikian Jurgen Klopp menegaskan trio baru itu bukan pengganti trio Firmansah. Menurutnya trisula Mane, Firmino, dan Mo Salah tidak tergantikan karena level bermain dan kerja sama yang berbeda.

"Itu (Firmansah) luar biasa dan tidak mungkin untuk ditiru karena itu adalah hubungan khusus dari segi sepak bola dan itu bekerja dengan sangat baik," tutur Klopp dikutip dari Goal.

"Tantangan bagi kami dengan semua perubahan yang telah kami buat sekarang dan selama beberapa tahun ke depan adalah mengganti pemain sensasional atau formasi atau apapun."

"Saya benar-benar berpikir para pemain yang kami bawa benar-benar memiliki keahlian khusus mereka sendiri dan kami harus sedikit beradaptasi sebagai tim: cara kami bermain, cara kami mengaturnya, hal-hal semacam ini. Tetapi mereka semua memiliki potensi menjadi sangat luar biasa dan itulah mengapa kami membawa mereka datang."

"Para pemain siap untuk mendorong diri mereka sendiri ke mana pun; tidak ada yang tahu (di mana) itu pada saat ini tetapi mereka masih muda, mereka memiliki banyak tahun sepak bola yang akan datang dan kita akan lihat."

"Tugas saya adalah memastikan kami memasukkan mereka ke dalam posisi yang tepat, kami memainkan sistem yang tepat untuk mereka dengan cara yang benar dan kemudian para pemain dapat melakukan yang terbaik," terang Klopp.

Trio Firmansah meninggalkan warisan di Liverpool dengan raihan titel Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, serta titel yang mengakhiri 30 tahun penantian: Premier League.

Liverpool Mohamed salah Sadio Mane Roberto Firmino
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan